SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL METODE BERMAIN PERAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 PONOROGO

Sepninda Dyah Widiyanti (Unknown)
Supingi Supingi (Unknown)
Rischa Pramudia Trisnani (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2023

Abstract

Kepercayaan diri merupakan kondisi secara mental yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami kemampuan diri dalam menyesuaikan dengan situasi yang ada. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Ponorogo dengan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode bermain peran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan menggunakan penelitian tindakan layanan bimbingan dan konseling (PTBK). Dalam penelitian tindakan dalam layanan bimbingan dan konseling terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 2 Ponorogo. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian akan di cek secara kuantitatif dan kualitatif berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan pada siklus pertama dan siklus kedua. Kedua data tersebut menunjukkan jika terdapat peningkatan kepercayaan diri dari sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode bermain peran.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...