Matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep menjadikan matematika mata pelajaran sulit dimengerti oleh peserta didik. Media dan model pembelajaran yang kurang menarik menjadikan peserta didik kurang bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok karena masih cenderung bermain sendiri dan hanya beberapa peserta didik saja yang fokus pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik pada pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kooperatif Tipe Games Tournament (TGT). yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Pangongangan yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, tes dan angket untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil kolaborasi peserta didik di dalam kelompok menggunakan media ular tangga pada siklus II. Dengan demikian penerapan media ular tangga efektif digunakan pada pelajaran matematika pada kelas 1 untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik.
Copyrights © 2024