SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 2 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Media Ular Tangga pada Pelajaran Matematika Kelas 1 untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaboratif Peserta Didik

Faradila Putri Pratiwi (Universitas PGRI Madiun)
Endang Sri Maruti (Universitas PGRI Madiun)
Tunjung Dwi Untari (SD Negeri Pangongangan)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep menjadikan matematika mata pelajaran sulit dimengerti oleh peserta didik. Media dan model pembelajaran yang kurang menarik menjadikan peserta didik kurang bekerja sama dalam memecahkan masalah matematika secara kelompok karena masih cenderung bermain sendiri dan hanya beberapa peserta didik saja yang fokus pada pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keefektifan media ular tangga untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik pada pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kooperatif Tipe Games Tournament (TGT). yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Negeri Pangongangan yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 14 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode observasi, tes dan angket untuk meningkatkan kolaborasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil kolaborasi peserta didik di dalam kelompok menggunakan media ular tangga pada siklus II. Dengan demikian penerapan media ular tangga efektif digunakan pada pelajaran matematika pada kelas 1 untuk meningkatkan kolaboratif peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...