SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Penerapan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Berbantuan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV

Lutfia Kusumaningrum (Universitas PGRI Madiun)
Rosita Ambarwati (Universitas PGRI Madiun)
Nunik Widiastutiningsih (SDN Tempursari 02)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan penerapan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) berbantuan media pembelajaran diorama untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV. Model Kemmis & McTaggart yang memiliki empat tahapan—perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi—digunakan dalam penelitian ini yang dilakuan dalam dua siklus. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV di SDN Tempursari sebanyak 13 siswa. Instrumen pengumpulan penelitian ini yaitu soal PG. Hasil penelitian dengan perbandingan tingkat ketuntasan mulai dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami kenaikan. Prasiklus ke siklus I terjadi kenaikan sebanyak 15,5% dan siklus I ke siklus II yang mengalami kenaikan 38,5%. Dengan menerapkan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media pembelajaran diorama dapat meningatan kemampuan kognitif siswa hal ini dibuktian bahwa pada siklus I dan II terjadi peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...