SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 2, No 2 (2023): Implementasi kurikulum merdeka menuju transformasi pendidikan dalam mempersiapka

HAMBATAN PEMUSATAN PERHATIAN DAN HIPERAKTIF SERTA MODEL PEMBELAJARAN YANG COCOK

Rahmah Maulidanti Putri (Unknown)
Falah Firdaus (Unknown)
Nanda Rizky Amaliaoo (Unknown)
Prisma Felindasari (Unknown)
Endang Sri Maruti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) hakekat anak yang mengalami gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif; (2) karakteristik anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif; (3) penyebab anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif; dan (4) model pembelajaran yang cocok untuk anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif. Penelitian ini berpendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di SLBN Banjarsari Wetan. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, selanjutnya dianalisis berdasarkan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak hiperaktif kelihatan sibuk seolah tanpa tujuan dia akan berada di dunianya sendiri, akibatnya anak dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif sering kesulitan untuk belajar di sekolah, mendengar dan mengikuti instruksi guru dan bersosialisasi dengan teman sekelas.. Model pembelajaran dilakukan berupa bentuk pembelajaran sendiri, jadi anak akan mendapatkan pendampingan dan pembelajaran sendiri selain dalam pembelajaran di kelas bersama teman yang lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...