SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Pembelajaran Dengan Pendekatan TaRL Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Nurul Fathikhin (Universitas PGRI Madiun)
Davi Apriandi (Universitas PGRI Madiun)
Purwaningtijas Purwaningtijas (SMPN 2 Madiun)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika di SMPN 2 Madiun yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Sehingga tujuan penelitian yang dilakukan adalah meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan Tarl. Penelitian ini tergolong pada penelitian tindakan kelas (PTK). Metode penelitian yang digunakan yaitu angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik dan nilai asesmen sumatif sebagai pengukuran hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis diskriptif komparatif. Indikator keberhasilan dilihat dari peningkatan nilai rata-rata minat belajar dan nilai asesmen sumatif sebagai penentuan ketercapaian tujuan pembelajaran/ hasil belajar. Pada siklus 1 rata-rata minat belajar 70 % dan hasil belajarnya 74,38 sedangkan pada siklus ke 2 rata-rata minat belajar 85% dan hasil belajar 88,21. Sehingga terdapat peningkatan minat belajar sebesar 15% dan hasil belajar 13,83%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...