SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA
Vol 3, No 1 (2024): Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Revolusi Digital Dunia Pendidikan: Perspe

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Media Hand Talk untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa

Muhammad Edi Susilo (Universitas PGRI Madiun)
Wachidatul Linda Yuhanna (Universitas PGRI Madiun)
Sri Suestik (SDN 02 Klegen)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi peserta didik yang disebabkan oleh lingkungan belajar yang kurang menerapkan kemampuan literasi peserta didik di SDN 02 Klegen. Penggunaan media pembelajaran untuk pendidikan saat ini penting untuk diterapkan untuk peserta didik. Melalui media pembelajaran peserta didik dapat mudah untuk memahami isi dari suatu pembelajaran yang akan diberikan oleh seorang guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif melalui media hand talk untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik kelas rendah di SDN 02 Klegen. Penelitian ini meggunakan metode kualitatif diskripsi dengan desain kajian studi kasus. Hasil penelitian menjelaskan bahwa penerapan media pembelajaran berupa hand talk dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik kelas rendah SDN 02 Klegen. Kemampuan literasi peserta didik meningkat dan mampu memahami bacaan dengan baik mellaui penggunaan hand talk.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SENASSDRA

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA) merupakan program tahunan yang wajib diselenggarakan. Kegiatan ini merupakan wadah bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya. Selain itu dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen karena dalam ...