Kematangan karir menjadi hal yang penting bagi siswa dalam mengambil keputusan yang tepat terkait dengan pilihan karir mereka di masa depan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kematangan karir siswa dengan penerapan layanan bimbingan klasikal menggunakan metode mind mapping pada peserta didik kelas XI TE 2 di SMK Negeri 1 Ngawi, Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Penelitian dilaksanakan melalui dua siklus yang melibatkan siswa XI TE 2 sebagai partisipan utama. Data dikumpulkan melalui observasi pada saat layanan klasikal dan didukung oleh hasil kuesioner yang dianalisis serta dokumentasi penelitian . Temuan studi menunjukkan bahwa pemanfaatan layanan bimbingan klasikal menggunakan pendekatan mind mapping mampu efektif meningkatkan kematangan karir peserta didik. Melalui metode ini, siswa dapat memvisualisasikan gagasan, membangun koneksi antar ide, dan memahami informasi dengan lebih baik. Mind mapping membantu siswa dalam mengorganisir dan merumuskan pilihan karir mereka, serta meningkatkan pemahaman mereka terhadap minat, bakat, dan nilai-nilai yang relevan dengan pilihan karir. Hal tersebut dibuktikan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I dengan kategori sedang dan siklus II dengan kategori tinggi melalui layanan bimbingan klasikal menggunakan media ajar mind mapping.
Copyrights © 2023