AMANAH : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol. 1 No. 1 (2023): AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN CURRENT RATIO (CR) TERHADAP RETURN ON EQUITY (ROE: (Studi Kasus Pada PT Ace Hardware Indonesia Tbk Tahun 2011-2020)

Naufal Robbani (Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Pamulang)
Destian Andhani (Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh atau tidak antara Debt to Equity Ratio dan Current Ratio terhadap Return On Equity. Baik secara parsial maupun secara simultan pada perusahaan PT. Ace Hardware Indonesia Tbk. Tahun 2011-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan kriteria yang diterapkan, jumlah sampel yang diteliti sebanyak 10 tahun. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang telah terpublikasi dalam www.idx.co.id atau website perusahaan www.corporate.acehardware.co.id. Teknik analisis data yang digunakan antara lain Analisis Deskriptif, Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji-T, Uji-F, dan Analisis Koefisien Determinasi dengan menggunakan program SPSS versi 28. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (Uji-T) Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Return On Equity dengan nilai -2,981 > 2,365. Sedangkan Current Ratio tidak berpengaruh terhadap Return On Equity dengan nilai -2,184 < 2,365. Kemudian secara simultan (Uji-F) menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio dan Current Ratio berpengaruh terhadap Return On Equity dengan nilai 4,987 > 4,74.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AMANAH

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

AMANAH : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Science is a journal that provides in-depth insights into three crucial areas in the business world. Published semi-monthly, this journal focuses its attention on recent advances in Human Resource Management, Marketing, and Finance. The articles include ...