AMANAH : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen
Vol. 1 No. 1 (2023): AMANAH: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAYU GAHARU MELALUI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM PADA PT. ALKHIES MULTI INDONESIA WILAYAH CURUG

Reza Khairul Hadi (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang)
Esti Suntari (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang)
Rini Dianti Fauzi (Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2023

Abstract

Tujuan. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Alkhies Multi Indonesia, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Alkhies Multi Indonesia dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Alkhies Multi Indonesia secara simultan.. Metode. menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 214 konsumen. Teknik sampling adalah sampel acak sederhana, menggunakan rumus Sovlin dengan taraf kerusakan 5%, maka diperoleh sampel sebanyak 139 responden. Metode analisa yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi kalsik, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji signifikan (uji t dan uji f). Hasil. penelitian secara parsial Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y= 22.138+0,852X1, dan pada koefisien korelasi sebesar 0,660 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat, dan koefisien determinasi besarnya R square adalah 43,6%. Hasil uji t diperoleh nilai thitung 10.288 > ttabel 1,977. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Harga terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 22,777 +0,646X2, dan pada koefisien korelasi sebesar 0,672 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat, dan koefisien determinasi besarnya R square adalah 45,2%. Hasil uji t diperoleh nilai thitung 10,634 > ttabel 1,977. Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Secara simultan Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan persamaan regresi Y = 18,524 + 0,460X1 + 0,389X2, dan pada koefisien korelasi sebesar 0,713 artinya ketiga variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat, dan koefisien determinasi besarnya R square adalah 50,8%. Hasil uji F diperoleh nilai Fhitung 70,222 > Ftabel 3,91. Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara Harga dan Promosi terhadap Keutusan Pembelian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AMANAH

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

AMANAH : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Science is a journal that provides in-depth insights into three crucial areas in the business world. Published semi-monthly, this journal focuses its attention on recent advances in Human Resource Management, Marketing, and Finance. The articles include ...