width: 0px; "> Buku PAI madrasah Aliyah kurikulum 2013 belum dilakukan evaluasi dari sisi pengguna (siswa dan guru). Penelitian ini lebih memfokuskan pada aspek isi, meskipun demikian terdapat pula temuan berupa masukan dari pengguna dalamhal penyajian, bahasa, dan kegrafikaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis isi Krippendorf serta CsI (customer satisfaction indeks)/analisis kepuasan pelanggan, didapatkan temuan bahwa hasil penilaian para pengguna buku PAI mA kelas XI di 5 mA di Kab. gunungkidul menunjukkan nilai rata-rata mapel PAI mA kelas XI (dengan skala 1-5) yang terendah adalah mapel sKI: 3.68 dan yang tertinggi adalah mapel Al-Quran dan al-Hadis: 4.21, sedangkannilai kedua mapel lainnya Akidah Akhlak 4.20 dan Fikih: 3.94. Hasil yang sama ditunjukkan dalam penghitungan dengan rumus CsI, bahwa nilai/kriteria kepuasan (dengan skala 1-100) yang terendah adalah mapel sKI dan yang tertinggi mapel al-Quran Hadis. Perincian nilai kepuasan pengguna buku sebagai berikut; al-Quran Hadis: 84.13 (sangat puas), sejarah Kebudayaan Islam: 73.68 (puas), Akidah Akhlak: 83.91 (sangat puas), dan Fikih: 78.71 (puas). meskipun dalam angka, buku PAI mA kelas XI dapat dinilai sudah baik dengan tingkat nilai kepuasan ‘puas’ dan ‘sangat puas’, tetapi terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi sebagai perbaikan. Hal ini tampak dalam hasil temuan masukan dan catatan para pengguna terhadap isi buku. Di antara catatan pengguna terhadap buku secara umum adalah; penyederhanaan bahasa dan beberapa materi, penyesuaian gambar, transliterasi, rujukan ayat/hadis, materi sKI yang terlalu ringkas, dan pencantuman referensi sumber bacaanpenunjang.
Copyrights © 2016