Salah satu isu yang sering mengemuka dalam dunia pendidikan Indonesia adalah tentang rendahnya minat baca, namun yang sering menjadi sorotan adalah siswa sekolah, padahal perhatian terhadap guru juga penting dalam soal penumbuhan minat baca, terlebih dalam soal agama, yang menuntut tidak hanya penguasaan guru agama akan pengetahuan agama, tetapi juga wawasan terhadap soal-soal sosial yang terkait dengan isu agama, agar mampu mengarahkan anak didik secara lebih baik dan kontekstual. Tulisan ini menyajikan hasil penelitian tentang pemahaman guru terhadap pentingnya membaca dan pilihan-pilihan literatur keagamaan mereka. Penelitian terfokus kepada guru-guru agama Islam di Kota Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat guru agama di Bandun untuk membaca literatur keagamaan masih rendah, meskipun mereka memiliki kesadaran tentang pentingnya belajar agama melalui membaca. Adapun buku-buku yang dibaca masih berpusat pada buku fikih, al-Qur’an dan akidah, sedikit yang membaca buku-buku bertemakan akhlak dan sejarah. Para guru juga kurang mengikuti perkembangan buku-buku keagamaan kontemporer yang justru cenderung diminati kalangan anak muda.
Copyrights © 2017