Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dengan Media Big Book

Syahnia Claristy (Universitas PGRI Madiun)
Hendra Erik Rudyanto (Universitas PGRI Madiun)
Octarina Hidayatus Sholikah (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Keterampilan membaca permulaan digunakan oleh siswa kelas rendah untuk dapat memahami dan mengucapkan tulisan dengan intonasi dan lafal yang jelas. Permasalahan mengenai rendahnya keterampilan membaca permulaan di kelas II SD perlu adanya perhatian khusus. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan membaca siswa kelas II yakni salah satunya penggunaan media big book dalam pembelajaran membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD dengan media big book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah penelitian terkait topik keterampilan membaca permulaan dengan media big book maka dapat ditarik kesimpulan bahwa big book merupakan media yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar di kelas rendah khususnya di kelas II. Dengan menggunakan media big book, Para peneliti menemukan hasil yang menunjukkan peningkatan keterampilan membaca dan pemahaman awal setelah menggunakan media big book.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...