cover
Contact Name
Lingga Nico
Contact Email
nicopgsd@unipma.ac.id
Phone
+6285856053202
Journal Mail Official
nicopgsd@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Setia Budi No.85, Kanigoro, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63118
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26218097     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar diterbitkan oleh Universitas PGRI Madiun. Focus dan scope jurnal secara umum tetapi tidak terbatas pada sebagai berikut. Pendidikan Dasar Pembelajaran matematika dasar Pembelajaran IPAS sekolah dasar Pembelajaran Bahasa sekolah dasar Teknologi pembelajaran untuk siswa dan guru sekolah dasar Kurikulum sekolah dasar
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 662 Documents
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA Adelia Dwi Risnawati Risnawati; Ahmad Dani Yulianto; Apsari Wijayanti; Kun Hisnan Hajron
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi organ gerak manusia dan hewan menggunakan media pembelajaran gambar pada mata pelajaran IPA kelas V di SD Negeri Magelang 3. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus dan disetiap siklusnya melalui tahap perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3 Magelang yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan soal isian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman siswa terhadap organ gerak manusia dan hewan.  Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, data awal diperoleh hasil 20%, dari total siswa yang nilainya diatas kkm, lalu disini terjadi peningkatan hasil belajar siswa yakni pada siklus  I sebesar 40% dan meningkat mencapai 90% pada siklus II. Dengan kata lain siswa keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar diatas 70. Hal tersebut berarti dapat meningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Magelang 3.
Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar dengan Media Big Book Syahnia Claristy; Hendra Erik Rudyanto; Octarina Hidayatus Sholikah
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan membaca permulaan digunakan oleh siswa kelas rendah untuk dapat memahami dan mengucapkan tulisan dengan intonasi dan lafal yang jelas. Permasalahan mengenai rendahnya keterampilan membaca permulaan di kelas II SD perlu adanya perhatian khusus. Upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan rendahnya keterampilan membaca siswa kelas II yakni salah satunya penggunaan media big book dalam pembelajaran membaca permulaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD dengan media big book. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah penelitian terkait topik keterampilan membaca permulaan dengan media big book maka dapat ditarik kesimpulan bahwa big book merupakan media yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar di kelas rendah khususnya di kelas II. Dengan menggunakan media big book, Para peneliti menemukan hasil yang menunjukkan peningkatan keterampilan membaca dan pemahaman awal setelah menggunakan media big book.
Efektifitas Model Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Fiina Nur Hayati; Dian Nur Antika Eky Hastuti; Maya Kartika Sari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menentukan bagaimana pengaruh model problem based learning terhadap pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan atau bertempat di SDN 03 Madiun Lor. Model penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian randomyzed control group only design. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas V di SDN 03 Madiun Lor. Instrumenn yang digunakan adalah soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan siswa yang didapatkan siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Penelitian ini menggunakan uji t untuk menganalisis data dan menemukan bahwa hasil thitung (13,547) lebih besar dari ttabel (2,024). Hasil pengujian keputusan menunjukkan bahwa hipotesis diterima jika thitung lebih besar dari ttabel dan apabila thitung kurang dari ttabel maka hasiknya ditolak. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap pembelajaran tematik di sekolah dasar.
Membangun karakter bangsa melalui pendidikan inklusif di sekolah Gunarhadi Gunarhadi
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 1 (2018)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan untuk semua (PUS) menjadi prioritas bagi setiap bangsa. Tuntutan global akan hak atas pendidikan bagi semua individu semakin menjadi perhatian dunia sejak dekade 90an. Ketuntasan literasi suatu bangsa diukur melalui keseriusan bangsa tersebut dalam mewujudkan pendidikan untuk semua warganya. Secara historis, PUS lahir atas prakarsa CIVIL SOCIETY OGANIZATIONS initiative EDUCATION for ALL (CSOiEFA). Organisasi-organisasi ini merupakan konsorsium organisasi sipil yang peduli akan pentingnya pendidikan melalui pijakan “Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia” oleh PBB tahun 1948, yang menegaskan bahwa: "Setiap orang memiliki hak untuk pendidikan". Meskipun negara-negara di seluruh dunia dilanda berbagai krisis global baik ekonomi, politik dan demografi, organisasi-organisasi ini memiliki semangat kepedulian yang  tinggi untuk menjamin hak pendidikan untuk semua seiring nafas deklarasi tersebut.
Media Digital Komik untuk Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas 5 Finika Diah Risna; Sri Lestari; Dewi Tryanasari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam kurikulum Merdeka, siswa diminta untuk memahami materi teks eksplanasi dengan media komik berbantuan canva. Ini membutuhkan studi intensif bersama dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk dapat menulis. Komik adalah bentuk media komunikasi visual untuk menyampaikan informasi secara popular dan mudah dipahami (Tresnawati et al., 2016). Media digital komik merupakan media pembelajaran yang sangat evektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran berbantuan Canva.. Berdasarkan tabel validasi ahli materi, media digital komik mendapatkan jumlah skor 44 dari 13 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media digital komik dapat dikatakan “layak” dengan presentase kelayakan 84%.  Berdasarkan tabel validasi ahli media, media digital scrapbookmendapatkan jumlah skor 48 dari 14 butir pertanyaan. Dapat disimpulkan bahwa media digital komik masuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan presentase kelayakan 85%.
Analisis Kepercayaan Diri Siswa Kelas 4 SD dalam Pembelajaran Tematik Tema 9 melalui Model Pembelajaran SAVI Mayasya Dwi Sasmito; Melik Budiarti; Sri Lestari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Basically,humans are social creatures, generally humans as social beings will interact with each other. Confidence will grow from the process of interaction in the social environment and continues, this self-confidence does not just appear there is a long process and there is a very short process. This study aims to find out how the confidence of grade 4 students in thematic learning theme 9 SAVI learning model at SDN Tamanarum 1 Parang. The population in this study were 4th grade students, and the samples used were 3 students from 4th grade. This type of research uses a qualitative approach, with data collection methods using triangulation. Data analysis in this study used qualitative analysis. Based on the results of the data analysis research, it was found that the students' self-confidence in grade 4 was obtained through the SAVI learning model (Somatic, Auditory, Visual and Intellectual).
Pengembangan modul berbasis etnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas V sekolah dasar Renni Hardyanti; Dian Nur Antika; Dian Permatasari
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika padapembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode R&Ddengan desain model 4D yang dibatasi oleh peneliti hanya sampai 3 tahap saja yaitu tahappendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop),Instrumen pengumpulan data diperoleh dari angket yang diisi oleh dua ahli untuk menguji validitasserta respon guru dan siswa untuk menguji praktikalitas. Data yang diperoleh dari angket dianalisissecarakuantitatif dan diinterpretasikan dengan pedoman kategori penilaian untuk menentukankualitas produk. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentasi sebesar 85% dan ahli desain 98%.Sehingga menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid. Sedangkan hasilpraktikalitas berdasarkan angket respon siswa menggunakan dengan 2 tahap. Tahap 1 yaitu ujikelompok kecil yang diberikan kepada 10 responden dengan hasil yang diperoleh 92,6% danpenilaian ke 2 yaitu dengan uji kelompok besar dengan jumlah responden 28 siswa dengan hasil92,32% dan angket respon guru diperoleh persentasi sebesar 100%. Hal tersebut menunjukkanbahwa modul yang dikembangkan sangat praktis digunakan dalan proses pembelajaran.Berdasarkan hasil penilaian oleh validator, respon siswa dan guru maka modul berbasisetnomatematika pada pembelajaran matematika siswa kelas v sekolah dasar memenuhi kriteriavalid dan praktis.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbantu Media Linktree Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SDN Purworejo 02 Adelya Dwi Octavia; Raras Setyo Retno; M. Soeprijadi Joko Laksana
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar mengajar di SD pada mata pelajaran IPAS berlangsung kurang memodifikasi kegiatan pembelajaran yang masih menggunakan pembelajaran ceramah dan terkesan monoton yang hanya berpusat pada guru saja. Penerapan model pembelajaran serta penggunaan media juga dapat membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik serta membuat siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Penggunaan model pembelajaran kooperatif TGT berbantu media Linktree menjadi perantara penyampaian informasi dan membantu guru dapat menyampaikan materi dengan model dan media yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Kooperatif TGT berbantu media Linktree terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Purworejo 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimental dengan desain One-Group Pre-test Post-test. Hasil dari penelitian ini hasil belajar siswa sangat dipengaruhi menggunakan model pembelajaran Kooperatif TGT berbantu media Linktree dengan tingkat signifikansi (2-tailed) sebesar 0.000 < a= 0.05. Berdasarkan dari hasil penelitian ini, Teams Games Tournament (TGT) yang didukung oleh media Linktree adalah alat yang hebat bagi para guru yang ingin menginovasi pembelajaran dan membuat hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Pengembangan Multimedia Flipbook Untuk Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Mojorejo Tama Sofiyana Putri; Heny Kusuma Widyaningrum; Diyan Marlina
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia flipbook untuk kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas V SD Negeri 02 Mojorejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek pada penelitian pengembangan media pembelajaran flipbook ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Dalam pengembangan media pembelajaran flipbook ini memerlukan validasi dari para ahli, yaitu validasi ahli pembelajaran dan validasi ahli media. Hasil penilaian dari validator yaitu 74,28 % untuk validasi pembelajaran dan 94,11 % untuk validasi media. Selain validasi, pada penelitian ini juga membagikan angket respon kepada siswa dan guru. Angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 84,27  % dan angket respon guru mendapatkan skor 95 %. Selanjutnya untuk hasil tes evaluasi mendapatakan rata-rata skor sebesar 86,6 %. Berdasarkan dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media flipbook dengan materi cerita pendek mendapatkan kriteria kelayakan ”sangat baik”.    
Analisis kesulitan membaca permulaan siswa kelas rendah Intan Kusuma Wardani; Sri Lestari; Melik Budiarti
Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Vol 2 (2020): Merdeka Belajar di Era New Normal
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Membaca permulaan merupakan proses tahapan belajar siswa dalam membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Kesulitan membaca merupakan kondisi siswa tidak lancar dalam membaca, kesulitan dalam mengenal huruf abjad, mengeja, dan memahami isi bacaan. Terdapat  beberapa karakteristik dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan membaca. Adapun karakteristik adalah (1) kesulitan dalam mengenal huruf (2) kesulitan dalam mengeja (3) kurang memahami tanda baca (4) sulit memahami isi bacaan. Faktor-faktornya adalah (1) kesehatan fisik (2) kemampuan pengindraan (3) lingkungan keluarga (4) sarana prasarana (5) motivasi belajar (6) minat. Penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus  purposive sampling dengan pendekatan  dskriptif kualitatis dengan menggunakan 4 siswa sebagai subjek penelitian. hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat siswa yang kesulitan dalam mengenal huruf, belum dapat mengeja, tidak memahami arti tanda baca, dan tidak memahami isi bacaan yang telah dibaca serta minat siswa yang rendah dapat mempengaruhi kegiatan membaca siswa.

Page 1 of 67 | Total Record : 662