Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

Efektivitas Penggunaan Metode Sosiodrama dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Uswatun Khasanah (Universitas PGRI Madiun)
M. Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)
Tri Wahyuni Chasanatun (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode sosiodrama dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperiment menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Design. Sampel penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari kelas VA dan VB dengan masing-masing berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes tindakan (performance)untuk mengukur keterampilan berbicara siswa pada saat pretest dan posttest di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu 66,59 dan posttest67,95, sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretest58,64 dan posttest 74,55. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan rata-ratapembelajaran menggunakan metode konvensional dan metode sosiodrama. Selanjutnya data di uji normalitas, yang diperoleh hasil 0,462 > 0,05 maka data tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh hasil0,854 > 0,05 sehingga data tersebut memiliki variansi yang sama. Hasil uji hipotesis menunjukkan sig (2 tailed) 0,023 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalahmetode sosiodrama efektif digunakan dalam keterampilan berbicara bahasa indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...