Rendahnya minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan media konkrit pada materi pengolahan data. Hal ini juga akan berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan data dengan bantuan media “dabar” atau dadu bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 04 Klegen yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Terdapat 4 tahapan dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sejumlah 4 siswa (33%) meningkat pada siklus I dengan jumlah 6 siswa (50%), dan siklus ke II meningkat menjadi 11 siswa (92%).
Copyrights © 2024