Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pengolahan Data Berbantuan Media Dabar Kelas IV SDN 04 Klegen

Ira Armisa (Universitas PGRI Madiun)
Hartini Hartini (Universitas PGRI Madiun)
Windyana Paramitha (SDN 04 Klegen)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Rendahnya minat belajar peserta didik pada pelajaran matematika disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan media konkrit pada materi pengolahan data. Hal ini juga akan berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pengolahan data dengan bantuan media “dabar” atau dadu bergambar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SDN 04 Klegen yang berjumlah 12 siswa, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Terdapat 4 tahapan dalam penelitian ini, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dari pra siklus sejumlah 4 siswa (33%) meningkat pada siklus I dengan jumlah 6 siswa (50%), dan siklus ke II meningkat menjadi 11 siswa (92%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...