Intisari— Data merupakan aset bagi setiap perusahaan, utamanya adalah Data Pelanggan. Pengolahan data pelanggan selanjutnya dapat disebut sebagai Data Mining. Ketatnya persaingan industri saat ini membuat perusahaan harus cermat didalam mengolah data pelanggan mereka, salah satunya pengolahan data pelanggan untuk operasi CRM. Dimana tujuannya adalah untuk dapat mengenali pelanggan dengan menganalisis perilaku pelanggan. Sehingga ini dapat menjadi suatu investasi bagi perusahaan. Perilaku pelanggan dapat diramalkan dengan menggunakan RFM model. Dan pada penelitian ini penulis melakukan literature review mengenai implementasi RFM Model pada data mining didalam membantu perusahaan untuk lebih memahami pelanggan mereka. Dari hasil review yang dilakukan RFM model pada rentang Tahun 2016 – 2021 lebih banyak dikombinasikan dengan teknik data mining yaitu algoritma clustering, dimana tujuannya adalah untuk mengelompokkan atau melakukan segmentasi pelanggan. Dan dari hasil review penulis juga memformulasikan riset yang dapat dilakukan, yaitu mengkombinasikan RFM model dengan metode TOPSIS.
Copyrights © 2022