Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 4 (2023): Peran Pendidikan Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Era 5.0

Penerapan Metode Listening Team Berbantuan Media Papan Origami untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pendek pada Siswa Kelas IV

Dewi Fortuna (Unknown)
Cerianing Putri Pratiwi (Unknown)
Heny Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2023

Abstract

Riset ini bertujuan mengetahui penerapan metode listening team berbantuan media papan origami dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) danmengikuti model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua dengan masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 02 berjumlah 16 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer yang terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi jalannya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas. Hasil perolehan nilai hasil belajar siswa pada prasiklus yang memperoleh perhitungan presentase 87,50% (14 siswa) yang berarti 14 siswa nilainya masih dibawah 75 dan hanya 2 siswa yang sudah memenuhi KKM. Pada siklus I nilai hasil belajar sudah mengalami sedikit kemajuan yaitu pada angka presentase 37,5% (6 siswa) sedangkan 62,5% (10 siswa) lainnya belum memenuhi KKM. Berlanjut pada siklus II presentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 87,50% (14 siswa) dan tersisa 12,50% (2 siswa) yang belum memenuhi KKM. Dengan demikian penerapan metode listening team berbantuan papan origami dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis unsur-unsur intrinsik terlihat dari peningkatan hasil belajar disetiap siklusnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...