Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV dengan Menggunakan Media Puzzle pada Pembelajaran IPAS “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia”

Wanda Priasthi (Universitas PGRI Madiun)
Ellys Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Djoko Pramono (SDN 05 Madiun Lor)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menyelesaikan masalah belajar peserta didik khususnya terkait materi “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia” dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 05 Madiun Lor melalui media puzzle kearifan lokal. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengetahuan mengenai budaya Indonesia, penggunaan metode ceramah oleh guru dalam penyampaian materi “Kekayaan Budaya dan Kearifan Lokal Indonesia”, dan berdasarkan hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah pada kegiatan pra siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 05 Madiun Lor yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran kearifan lokal. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar peserta didik.  Rata-rata nilai peserta didik saat pra siklus yaitu sebesar 68 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 55,5%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik yaitu 78 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 74%. Hasil belajar pada siklus I belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar 80%. Oleh karena itu dilakukan perbaikan pada siklus II dengan perolehan nilai rata-rata 85 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 81%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...