Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 05 Madiun Lor

Priska Wulandari (Universitas PGRI Madiun)
Elly’s Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
Djoko Pramono (SDN 05 Madiun Lor)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian ini dilaksanakan sebanyak 27 siswa pada kelas II. Jenis tindakan penelitian menggunakan tahapan pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian instrumen yang digunakan (1) observasi kegiatan selama pembelajaran berlangsung (2) lembar hasil belajar siswa. Instrumen ini berfungsi untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran Matematika materi pecahan dengan menerapkan model PBL berbantuan media konkret yaitu pada siklus I memperoleh prosentase 63% sedangkan pada siklus 2 memperoleh prosentase 88%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Penerapan Model PBL berbantuan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pecahan kelas II di SDN 05 Madiun Lor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...