Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 3 (2022): Peran PGSD dalam mempersiapkan kurikulum merdeka pada era 5.0

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Novita Ratnasari (Universitas PGRI Madiun)
Rissa Prima Kurniawati (Universitas PGRI Madiun)
Ellys Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitiannini bertujuan untuk mendeskripsikannpengaruh penggunaannmodel pembelajaranproject based learningberbantuan media animasi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sekolahdasar. Penelitian yang digunakannadalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Untuk desainpenelitian menggunakanPosttest Only Control Design. Populasi dari penelitiannini adalah siswa kelas Vdari SDN 05 Madiun Lor. Sampel penelitian adalah 50 siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor. Teknikpengumpulannsampel yang digunakannadalahsimple random sampling. Metode pengumpulan datamenggunakantesdandokumentasi.Dilanjutkandenganujiprasyarattyangdigunakanuntukujinormalitas dan uji homogenitas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitiandiperoleh thitung > dari ttabel atau. 55,453 > 2,063 maka H1 diterima. Dengan demikian dapatdisimpulkannbahwaadapengaruhpenggunaannmodelpembelajaranprojectbasedlearningberbantuannmedia animasiiterhadap kemampuan berfikir kreatif siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...