Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 1 (2018)

Integrasi nilai – nilai karakter melalui pembelajaran matematika di sekolah dasar

Hendra Erik Rudyanto (PGSD, FKIP, Universitas PGRI Madiun)
Weninda Ayu Retnoningtyas (PGSD, FKIP, Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2018

Abstract

Menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter yang baik (good character) dalam pendidikan harus dimulai sejak usia dini, sejak anak masih duduk di jenjang sekolah dasar (SD) termasuk dalam sekolah inklusi. Keberhasilan pendidikan karakter di SD akan menjadi pondasi yang baik untuk membangun kepribadian siswa pada jenjang pendidikan berikutnya dan juga pada kehidupan bermasyarakat pada umumnya. Usaha yang bisa dilakukan untuk menunjang keberhasilan dalam rangka menumbuhkembangkan karakter yang baik (good character) adalah dengan mengintegrasikan pendidikan karakter pada semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah, termasuk dalam pembelajaran matematika. Pendidikan matematika memuat nilai-nilai yang berpotensi untuk mendukung keberhasilan pembentukan karakter bangsa. Nilai-nilai tersebut termuat dalam materi matematika maupun dalam pembelajarannya. Hal ini tentunya memperlihatkan bahwa pengembangan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika. Sehingga dengan pembiasaan – pembiasaan (habituation) yang dilakukan melalui materi dan pembelajaran dapat tertanam nilai – nilai karakter dalam diri siswa yang nantinya dapat dijadikan bekal dalam menjalankan perannya sebagai warga negara yang baik. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...