Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar
Vol 5 (2024): Transformasi Pembelajaran Pada Pendidikkan Dasar Integrasi Computational Thinking

Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran CIRC Dengan Video Animasi Pada Kelas IV di SDN Kepuhrejo

Nuril Hasanal Aji (Universitas PGRI Madiun)
Ellys Mersina Mursidik (Universitas PGRI Madiun)
M. Soeprijadi Djoko Laksana (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dengan video animasi pada kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan berpendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan pada siklus I terlihat kondisi pembelajaran belum kondusif masih terdapat siswa yang kurang memperhatikan arahan dari guru terkait media video animasi. Terdapat beberapa siswa yang belum paham dan perlu penjelasan ulang dari guru. Siswa antusias ketika menggunakan media video animasi, namun masih terdapat siswa yang menggunakan media diluar materi pembelajaran. Hasil pada perbaikan dalam pelaksanaan siklus II telah memenuhi indikator kerja yang diingikan. Sehingga peneliti memutuskan untuk tidak melaksanakan penelitian tindakan lanjutan. Sehingga dapat dikatakan model pembelajaran CIRC dengan media video animasi pada siswa kelas IV dapat meningkatkan keterampilan menulis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

KID

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Konferensi Ilmiah Dasar merupakan seminar nasional yang diselenggarakan oleh program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas PGRI Madiun. Luaran dari Konferensi Ilmiah Dasar adalah prosiding online pada bidang pendidikan dasar yang sesuai dengan tema seminar yang diselenggarakan. ...