JABE (Journal of Accounting and Business Education)
2014: Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPA): Vol. 2, No. 1, Maret 2014

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN MENENGAH

Prabowo, Andri Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung orientasi belajar, interaksi antar mahasiswa, intensitas akses media sosial, dan kemampuan teknis terhadap hasil belajar akuntansi keuangan menengah melalui motivasi belajar pada mahasiswa FKIP Universitas Islam Riau. Dalam pengujian variabel mediator (motivasi belajar) digunakan analisis jalur yang diuji dengan uji sobel (Sobel Test), sedangkan dalam pengujian pengaruh langsung terhadap motivasi dan hasil belajar digunakan model analisis SEM. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa 1) orientasi belajar, interaksi antar mahasiswa, intensitas akses media sosial dan kemampuan teknis berpengaruh secara langsung terhadap motivasi belajar; 2) tidak ada pengaruh langsung orientasi belajar, interaksi antar mahasiswa, intensitas akses media sosial, kemampuan teknis terhadap hasil belajar; 3) motivasi belajar berpengaruh langsung terhadap hasil belajar; 4) orientasi belajar, interaksi antar mahasiswa, intensitas akses media sosial dan kemampuan teknis, berpengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jabe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JABE (JOURNAL OF ACCOUNTING AND BUSINESS EDUCATION), p-ISSN 2528-7281 and e-ISSN 2528-729X is a blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (March and September). JABE aims to help researchers publish their work for wider audience and discover new connections. We Consider ...