BioCONCETTA
Vol 2, No 1 (2016)

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERORIENTASI QUANTUM TEACHING DILENGKAPI PETA PIKIRAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA

Sari, Rahmi Septia (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2016

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang berhubungan denganalam.  Dalam  mata  pelajaran  biologi  ini,  banyak  konsep-konsep  penting  yang harus dikuasai oleh siswa. Namun demikian tidak semua materi dapat dipahami oleh siswa dalam pembelajaran. Untuk membantu siswa dalam memahami materipelajaran dibutuhkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah  modul  yang  dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa. Kenyataan yang ditemui di SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kabupaten Solok. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan modul biologi berorientasi Quantum Teaching dilengkapi peta pikiran.  Modul pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D yaitu Define (Pendefinisian), design (Perancangan), Pada tahap development (Pengembangan). Hasil penelitian didapatkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor rata- rata 88,40 % dengan kategori sangat valid. Uji  praktikalitas  modul  pembelajaran    oleh  guru  memperoleh  skor  rata-  rata90,73% dengan kategori sangat praktis. Uji praktikalitas modul pembelajaran oleh siswa memperoleh skor rata- rata 83,20 % dengan kategori sangat praktis. Efektifitas modul pembelajaran dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar siswa yang  terdiri  dari  hasil  belajar  ranah  kognitif  dan  afektif  yang  menunjukka n ketuntasan minimal KKM. Hasil penelitian inii dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan modul biologi berorientasi Quantum Teaching dilengkapi peta pikiran untuk siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis, dan efektif

Copyrights © 2016