JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 9, No 2 (2016): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 9 Nomor 2 Agustus 20

PENGARUH GAYA BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MAHASISWA

Gelar Dwi Rahayu (Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Jakarta)
Firdausi Firdausi (Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN Jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara empiris apakah terdapat pengaruh dari gaya berpikir terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa di jurusan pendidikan matematika FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 2013. Mahasiswa memiliki kecenderungan yang berbeda dalam menerima dan mengolah atau menyusun kembali informasi yang disebut dengan gaya berpikir. Ada empat gaya berpikir yaitu sekuensial konkrit, sekuensial abstrak, acak konkrit, dan acak abstrak.  Jenis gaya berpikir tersebut memiliki perbedaan dalam mempersepsikan masalah matematika dan mengolah atau menyusun logika-logika matematika untuk menyelesaikan masalah matematika. Berkaitan dengan kemampuan mahasiswa, jenis gaya berpikir dapat memberikan pengaruh berbeda-beda khususnya terhadap kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki gaya berpikir abstrak, baik sekuensial abstrak atau acak abstrak akan memahami matematika melalui pembuktian matematika secara logis dengan cara menghubungkan atau membuat koneksi dari satu konsep ke konsep lain dalam matematika, sedangkan mahasiswa yang memiliki gaya berpikir konkrit akan memahami matematika melalui koneksi dari konsep matematika ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa pada jurusan matematika semester V memiliki jenis gaya berpikir yang berbeda, namun perbedaan gaya berpikir tidak menyebabkan adanya perbedaan kemampuan koneksi matematik mahasiswa, hal ini diduga terdapat faktor lain yang dapat mengurangi bahkan dapat menghilangkan kecenderungan fungsi gaya berpikir mahasiswa terhadap kemampuan mahasiswa. Salah satu faktornya adalah motivasi berprestasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa. Kata Kunci: Gaya Berpikir, Koneksi Matematis

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...