Pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan pendekan qurâani menjadi Ada 3 (tiga) kriteria yang dapat dijadikan dasar penilaian terhadap buku ini, yaitu dari segi tujuan (goal), isi (content), dan kesesuaian (suitability).Dari segi tujuan (goal), penulis melihat kenyataan bahwa sedikitnya buku-buku sumber pembelajaran bahasa Inggris yang dihubungkan dengan ajaran Islam. Buku ini bertujuan untuk menambah perbendaharaan buku yang dapat menjadi acuan untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris secara kreatif dan inovatif di lingkungan pendidikan Islam seperti MI, MTs, MA dan Perguruan Tinggi Islam.Dari segi isi (content), seperti disebutkan sebelumnya bahwa buku ini dibuat dalam 7 (tujuh) bab, dengan urutannya lebih sesusai dengan teori kebahasaan karena menyimak (listening) dan berbicara (speaking) merupakan receptive skills (keahlian bersifat menerima/pemahaman) sementara membaca (reading) dan menulis (writing) merupakan productive skills (keahlian bersifat menghasilkan). Dari segi kesesuaian/kecocokan (suitability), buku ini sesuai dengan eksistensi lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya mengedepankan transfer ilmu pengetahuan (transfer of knowledge) tetapi juga transfer nilai (transfer of values) dengan melakukan pendekatan secara Qurâani.Â
Copyrights © 2008