Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 2 (2016): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

KEMAMPUAN BERPIKIR SECARA EKSPERIMEN DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA ANGKATAN 2013 DAN 2015

Tyas Amelia (Alumni Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia)
Apit fathurohman (Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia)
Taufiq Taufiq (Dosen Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan berpikir secara eksperimen mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya dalam memecahkan masalah dengan cara menganalisis pada materi Hukum Gerak Newton. Subyek penelitian yaitu mahasiswa pendidikan fisika angkata 2013 dan 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap. tahap pertama tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 85 mahasiswa angkatan 2013 dan 71 mahasiswa angkatan 2015. Jawaban tersebut diperiksa melalui rubrik skor. Tahap kedua tes berupa soal uraian tentang Hukum Gerak Newton dilakukan kepada 20 mahasiswa yang mendapatkan nilai tertinggi dari tahap pertama dan dilanjutkan dengan teknik non tes berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa angkatan 2015, 20% masuk dalam jenis berpikir yang bersifatdestructive dan 80% mahasiswa masuk dalam jenis berpikiryang bersifatconstructive, sedangkan mahasiswa angkatan 2013, 30% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat destructive, 20% mahasiswa masuk dalam jenis beprikir yang bersifat constructive, dan 50% mahasiswa masuk dalam jenis berpikir yang bersifat platonic. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa angkatan 2015 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat constructive dan mahasiswa angkatan 2013 masuk dalam klasifikasi berpikir secara eksperimen menurut Brown yang bersifat platonic.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...