Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 1, No 1/april (2010): JP2F

PENGGUNAAN ALAT PERAGA MULTY BOARD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA-FISIKA PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Pagunanto, Pagunanto (Unknown)
Saefan, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah penggunaan alatperaga Multy Board dapat meningkatkan hasil belajar IPA Fisikapada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5 Demak?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPAfisika pada materi cermin siswa kelas VIII A di SMP Negeri 5Demak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yangdilaksanakan di kelas VIII A SMP Negeri 5 Demak pada semestergenap Tahun Pelajaran 2008 / 2009 yang terdiri dari 27 siswalaki-laki dan 16 siswa perempuan meliputi dua siklus. Hasil siklusdianalisis dengan cara mengolah nilai tes siswa sebelum dilakukantindakan dan setelah dilakukan tindakan melalui dua siklustersebut. Hasil belajar lebih meningkat, pada siklus pertama (1)dari 43 siswa yang tuntas belajar 33 siswa ( 76,74 % ), sedangpada siklus kedua (2) dari 43 siswa yang tuntas belajar mencapai39 siswa ( 90,70 % ) sehingga mengalami peningkatan dari sikluspertama (1) ke siklus kedua (2) sebesar 13,96 %. Berdasarkananalisis data disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga ”multiboard” dalam pembelajaran IPA-Fisika dapat meningkatkanpemahaman konsep pembentukan bayangan pada cermin sehinggahasil belajarnyapun meningkat.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...