Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkanhasil UN pada Tahun 2008-2009 di SMAN 7 Semarang. Padapenelitian ini siswa dilibatkan dalam pembelajaran mulai dariperencanaan, proses pembelajaran dan evaluasi sertadilaksanakan dalam 3 siklus. Pembelajaran yang dilaksanakanadalah pembelajaran kooperatif dengan mengelompokkansiswa dalam kelompok-kelompok kecil. Pendekatan modelpembelajaran pada penelitian ini adalah gabungan dari GI(Group Investigation), STAD (Student Teams AchievementDivision) dan TGT (Teams Games Tournaments). Ketigamodel pembelajaran tersebut pada penelitian ini disebut tigajurus ampuh. Teknik pengumpulan data penelitian tindakankelas ini menggunakan teknis non tes dan tes yang meliputiobservasi, wawancara dan tes. Setelah diadakan penelitianterjadi peningkatan prosentase penguasaan materi UN padatahun 2007-2008 yaitu dari 65,09% menjadi 75,80% padamateri UN tahun 2008-2009.
Copyrights © 2010