Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan keterampilanproses sains pada pokok bahasan fluida melalui kegiatan praktikumfisika dasar. Pada pelaksanaan praktikum berbasis inkuiri tersebut,dengan menggunakan lembar kerja mahasiswa (LKM) dapatmembantu peserta didik dalam mengembangkan keterampilanmerencanakan, keterampilan melaksanakan dan keterampilanmengkomunikasikan. Penelitian ini dilakukan dengan tekniktindakan kelas yang terbagi dalam tiga siklus. Data dalampenelitian ini didapatkan dari teknik tes dan teknik non tes. Datayang berasal dari teknik tes terdiri tes awal dan tes akhir, lembarkerja mahasiswa, dan laporan. Sedangkan untuk data teknik non testerdiri dari lembar observasi dan lembar angket. Adapun semuadata hasil penelitian, dianalisis menggunakanprosentase.Keterampilan merencanakan dari siklus I ke siklus IImengalami peningkatan, tetapi dari siklus II ke siklus III mengalamipenurunan. Hal ini disebabkan oleh materi yang dipelajari lebihsulit, penurunan rumus lebih memerlukan tahap yang panjang,variabel-variabel yang diperlukan lebih banyak, langkah kerja lebihsukar dan peralatan yang dibutuhkan lebih banyak. Keterampilanmengkomunikasikan dari siklus I sampai siklus III terus mengalamipeningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan dalammenentukan tujuan, langkah kerja, cara memperoleh data, dan caramenganalisis data semakin meningkat. Untuk keterampilan dalampenulisan pembahasan dan penulisan kesimpulan juga mengalamipeningkatan, walaupun nilai posentasenya masih berada di bawahlebih dari 60 %.
Copyrights © 2010