Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 1/April (2011): JP2F

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PETA KONSEP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGASI KELAS X-7SMA 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2010-2011

ikip pgri semarang, Supriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah peningkatanaktifitas siswa dalam proses belajar mengajar dan hasil belajarsiswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh seberapabesar keaktifan siswa dalam belajar materi gerak lurus dan hukumnewton dan ingin mengetahui sejauh mana tingkat penguasaanmateri, keberhasilan belajar setelah mengikuti pembelajaran denganmenggunakan pendekatan peta konsepPenelitian tindakan kelas terdiri dari tiga silklus, masing-masingsiklus menggunakan empat tahap: tahap persiapan,pelaksanaan,observasi dan tahap refleksi.Pada pembelajaran dengan menggunakan peta konsep banyakaktifitas yang dilakukan siswa baik secara individu maupunberkelompok lewat diskusi seperti menentukan konsep penting,melengkapi peta konsep, berdiskusi dengan siswa lain, menanggapipertanyaan guru, bertanya dan menyimpulkan materi pelajaran.Semua aktifitas ini bermanfaat bagi siswa karena siswa mencaripengalaman dan mengalami sendiri, hal ini akan membuat pelajaranlebih menarik dan lebih berhasil.Kata Kunci : group investigasi, hasil belajar, peta konsep

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...