Masalah yang muncul dalam penelitian ini adalah peningkatanaktifitas siswa dalam proses belajar mengajar dan hasil belajarsiswa . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh seberapabesar keaktifan siswa dalam belajar materi gerak lurus dan hukumnewton dan ingin mengetahui sejauh mana tingkat penguasaanmateri, keberhasilan belajar setelah mengikuti pembelajaran denganmenggunakan pendekatan peta konsepPenelitian tindakan kelas terdiri dari tiga silklus, masing-masingsiklus menggunakan empat tahap: tahap persiapan,pelaksanaan,observasi dan tahap refleksi.Pada pembelajaran dengan menggunakan peta konsep banyakaktifitas yang dilakukan siswa baik secara individu maupunberkelompok lewat diskusi seperti menentukan konsep penting,melengkapi peta konsep, berdiskusi dengan siswa lain, menanggapipertanyaan guru, bertanya dan menyimpulkan materi pelajaran.Semua aktifitas ini bermanfaat bagi siswa karena siswa mencaripengalaman dan mengalami sendiri, hal ini akan membuat pelajaranlebih menarik dan lebih berhasil.Kata Kunci : group investigasi, hasil belajar, peta konsep
Copyrights © 2011