Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 1/April (2011): JP2F

PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH UNTUK MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA1

Nugroho, LP Ario (Unknown)
Hendayana, Sumar (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Guru membutuhkan bantuan dalam hal memahami tujuanpendidikan, kurikulum dan pembelajaran secara operasional. Orangyang memberi bantuan kepada guru-guru dalam menstimulir guru kearah usaha menciptakan suasana belajar dan mengajar yang lebihbaik disebut supervisor (pengawas/kepala sekolah). Pekerjaanmemberi bantuan itu disebut supervisi dan cara-cara membantumemperbaiki situasi belajar mengajar disebut teknik-teknik supervisi.Untuk dapat membantu guru dalam mengembangkan profesionalismedalam kegiatan belajar mengajar perlu dibuat suatu model supervisiakademik pembelajaran. Model supervisi akademik pembelajaranfisika dilaksanakan di SMA Ibu kartini. Permasalahan utama dalampenelitian ini adalah bagaimana program supervisi akademikpembelajaran dapat diterapkan di SMA Ibu kartini Semarang? ProfilMGMP rumpun IPA tingkat sekolah di SMA Ibu Kartini Semarangantara lain: 1) MGMP rumpun IPA tingkat sekolah terdiri dari 3orang, satu pengajar fisika, satu pengajar biologi, satu pengajarkimia; 2) sudah ada ketua MGMP rumpun IPA tingkat sekolah; 3)Guru tetap Yayasan satu orang guru DPK. Karakteristik supervisiakademik yang sesuai sudah diterapkan di SMA Ibu Kartini Semarangmenggunakan model Lesson Study berbasis sekolah. Beberapaprosedur dapat ditambahkan supaya Lesson Study berbasis sekolahdapat berfungsi sebagai kegiatan supervisi akademik. Prosedurtersebut antara lain adalah: 1) Ada komitmen dari MGMP rumpunIPA tingkat sekolah untuk selalu meningkatkan mutu pembelajaran; 2)Ada komitmen bahwa ketua MGMP rumpun IPA tingkat sekolahmenjadi supervisor akademik di SMA Ibu Kartini; 3) Ada komitmenbersama untuk selalu berusaha memperbaiki mutu pembelajaran: dan4) tugas supervisor adalah melakukan supervisi akademik sebagaiupaya pembinaan profesi guru.Kata kunci : lesson study, supervvisi akademik

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...