Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 1/April (2011): JP2F

PEMANFAATAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN GERAK DENGAN BANTUAN CAMTASIA STUDIO 4

Nuroso, Harto (Unknown)
Arifin, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2012

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil UN mata pelajaran IPAtahun pelajaran 2007/2008 untuk Kabupaten Kendal masih relatifrendah. Hal ini mengindikasikan masih kurangnya pemahaman siswaSMP tentang mapel IPA khususnya Fisika. Padahal sebenarnya siswamemiliki potensi yang baik, tetapi karena ditangani oleh suatu prosespembelajaran yang kurang berkualitas dan belum optimal, ditunjangdengan kurangnya sarana dan prasarana pendidikan maka hasilnyaumumnya masih relatif rendah.Metode penelitian adalah pengembangan yang meliputi 6 tahap,yaitu : Concept, Design,Collecting materials, Assambly, Uji Coba,Distribution.Setelah Media pembelajaran selesai dibuat, kemudian dilakukanpenelitian tentang uji coba produk kepada Ahli PemrogramanKomputer, Ahli pembelajaran/ guru fisika, dan kepada siswa kelas VIISMP sebagai pengguna produk ini.Data yang diperoleh melalui uji coba menunjukkan bahwa mediapembelajaran Fisika dengan memanfaatkan Microsoft Excel denganbantuan Camtasia 4 layak digunakan untuk media pembelajaran bagiguru dan siswa secara mandiri. Setelah dilakuakn ujicoba di kelaskecil menunjukkan ketertarikan siswa dengan media pembelajaran ini.Hasil evaluasi di akhir pembelajaran juga menunjukkan nilai yangbaik yaitu rata-rata 7,8.Kata kunci : Media, Microsoft Excel, Camtasia Studio 4

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...