Artikel ini mendeskripsikan kesalahan struktur berpikir dari seorang siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah geometri. Kesalahan siswa dideskripsikan berdasarkan teori kesalahan konstruksi konsep dan pemecahan masalah matematika oleh Subanji (2015). Selanjutnya, peneliti melakukan defragmenting terhadap struktur berpikir siswa subjek sehingga siswa dapat menyelesaikan masalah dengan tepat. Siswa subjek mengalami mislogical construction dan lubang konstruksi. Mislogical construction terjadi karena siswa mengalami kesalahan logika dalam menyelesaikan masalah. Lubang konstruksi terjadi karena terdapat skema tertentu belum lengkap pada struktur berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Defragmenting yang dilakukan terhadap subjek adalah mengatasi mislogical construction siswa dengan memberinya conflict cognitif agar skema yang salah koneksi dapat terurai kembali. Selanjutnya, lubang konstruksi diatasi dengan memunculkan skema-skema yang diperlukan dan merajut skema-skema yang telah ada sehingga menjadi struktur yang lengkap sehingga siswa dapat meneyelesaikan masalah dengan tepat. Scaffolding digunakna untuk memfasilitasi hal tersebut.
Copyrights © 2017