Jurnal Pembelajaran Matematika
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Pembelajaran Matematika

PENALARAN PROPORSIONAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MULTIPLIKATIF TIPE PRODUCT OF MEASUREMENT

Hariyanti, Uun (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penalaran proporsional siswa dalam menyelesaikan masalah multiplikatif tipe product of measurement. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini yaitu tiga orang siswa kelas VIII.1 SMPN 21 Malang. Teknik pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah purposive sampling atau disebut juga judgment sampling. Analisis data dalam penelitian ini berdasarkan tiga langkah analisis yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Data yang diperoleh dikaji dan dianalisis berdasarkan teori membangun penalaran proporsional oleh Bexter dan Junker yang terdiri dari lima tahap yaitu, (1) qualitative, (2) early attempts at quantifying, (3) recognition of multiplicative relationships, (4) accommodating covariance and invariance, dan (5) functional and scalar relationships. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa siswa dengan kemampuan rendah (S1) menyelesaikan masalah dengan cara mendaftar banyaknya pengukuran yang pertama kemudian memasangkan dengan pengukuran yang kedua dengan cara menjumlahkan kedua pengukuran tesebut, sehingga penalaran proporsional S1 berada pada tahap early attempts at quantifying. Siswa dengan kemampuan sedang (S2) menyelesaikan masalah dengan cara mendaftar semua kemungkinan yang ada kemudian menjumlahkan semuanya, sehingga penalaran proporsional S2 berada pada tahap recognition of multiplicative relationships. Siswa dengan kemampuan tinggi (S3) menyelesaikan masalah dengan cara mendaftar banyaknya pengukuran yang pertama kemudian mengalikan dengan pengukuran yang kedua, sehingga penalaran proporsional S3 berada pada tahap accommodating covariance and invariance.

Copyrights © 2017