JURNAL PENDIDIKAN FISIKA
Vol 3, No 3 (2015): PENDIDIKAN FISIKA

Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tutallu

Soraya, Linda (Unknown)
Tawil, Muh (Unknown)
Hustim, Rahmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2017

Abstract

Dalam proses pengajaran guru memiliki kewajiban, salah satunya adalah menarik minat belajar peserta didik dengan menyajikan pembelajaran yang dapat mengantarkan peserta didik mencapai hasil belajar yang memenuhi standar ketuntasan minimal (KKM). Pembelajaran fisika di SMP bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa memahami konsep, hukum serta teori berdasarkan fakta di alam yang akrab dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu konsep yang dekat dengan kehidupan peserta didik adalah konsep objek IPA dan penagamatannya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai disesuaikan dengan rumusan masalah yang telah disusun. Tujuan tersebut antara lain: untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Tutallu sebelum diterapkan pembelajaran lembar kerja peserta didik, untuk mengetahui gambaran hasil belajar pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Tutallu setelah diterapkan lembar kerja peserta didik, dan untuk mengetahui bahwa penerapan pembelajaran berbantuan multimedia berbasis  inkuiri terbimbing pada peserta didik kelas VIIA SMP Negeri 1 Tutallu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap pelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penilitian pra eksperimen dengan batasan one group pre test-post test design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA sebanyak 20 siswa. Tahap penelitian meliputi pretest, perlakuan, dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik meningkat dalam kategori sedang. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari selisih antara pre test dan post test.Kata kunci : hasil belajar, lembar kerja peserta didikIn the process of teaching teachers have obligations , one of which is the students learning interests by presenting lessons that can deliver students achieve learning outcomes that meet the minimum standards of completeness ( KKM ) . Learning physics in SMP aims to develop students ability to understand the concepts , laws and theories based on natural facts are familiar with everyday life . One concept that is close to the student life is the concept of Objek IPA dan Peangamatannya. The research objective to be achieved with a customized formulation of the problem that has been compiled . These Objectives include: to reveal the results of learning in class VIIA SMP Negeri 1 Tutallu before implementation of student worksheet, to reveal the results of learning in class VIIA SMP Negeri 1 Tutallu after implementation of student worksheet, and to know that the implementation of student worksheet in class VIIA SMP Negeri 1 Tutallu can improve student learning outcomes to teach physics . The research pre experiment is a limitation experiment with one group pre test-post test design. Subjects were as many as 20 students of class VIIA students. Phase of the study includes a pretest, treatment, and posttest. The results showed that the implementation student worksheet based toward improved student learning outcomes in the medium category. Improved student learning outcomes seen from the difference between the pre test and post test.Keywords : learning outcomes, student worhsheet

Copyrights © 2015