Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
Vol 3, No 2 (2016): TERAMPIL

PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Ifrianti, Syofnida (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik  dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obsevasi pada aktivitas belajar, tes pada hasil belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Pada Siklus  I  pertemuan I rata-rata aktivitas peserta didik 49,375 dan  rata-rata hasil sebesar 56,87. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 9 peserta didik dengan persentase 28,12%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata aktivitas siswa 56,25 dan  dilihat dari rata-rata hasil test siswa adalah 65,16, peserta didik yang mencapai ketuntasan  17 peserta didik dengan persentase 53,12% pada siklus II pertemuan I rata-rata aktivitas peserta 69,375 dan rata-rata hasil tes siswa adalah 70,78. peserta didik yang mencapai ketuntasan 17 peserta didik dengan persentase 53,12%. Pada siklus II pertemuan II rata-rata aktivitas peserta didik 77,5 dan rata-rata hasil tes siswa adalah 79,53. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 28 peserta didik atau 87,5 %  sedangkan 4 peserta didik dengan persentase 12,5% belum tuntas. Hal tersebut dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

TERAMPIL

Publisher

Subject

Education

Description

TERAMPIL is a journal of basic education and learning p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915 which is managed by Prodi PGMI Faculty of Tarbiyah and Teacher Training of Raden Intan State Islamic University of Lampung. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics ...