Prosiding 2nd Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) 2017
Vol 2, No 1 (2017): Mei 2017

Pengalaman Pengguna Laman Toko Daring

Yas Ahmad Adha (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)
Wing Wahyu Winarno (STIE YKPN, Yogyakarta)
Paulus Insap Santosa (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
20 May 2017

Abstract

Toko daring berkembang begitu cepat khususnya di Indonesia, tidak sedikit laman toko daring yang bermunculan dengan mengembangkan konten yang diharapkan dapat memikat pengguna pada laman toko daring. Perkembangan konten pada toko daring menjadikan sulitnya untuk diukur kualitas terhadap pengguna, mengembangkan suatu sistem tidak hanya dilihat dari sistem saja, tetapi juga dilihat dari pengguna sistem yang dikembangkan. Penelitian ini mengunakan metrik PULSE dan metrik HEART yang telah dimodifikasi dengan variabel WEBQUAL serta variabel perceived benefit untuk mengukur kualitas dari pengalaman pengguna. Metode ini diuji coba pada laman toko daring data diambil mengunakan kuesioner yang disesuaikan, total ada 65 responden. 9 hipotesis diuji dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3 versi student. 6 hipotesis dapat diterima, sedangkan 3 hipotesis lainnya ditolak, mengarah kepada engagement atau keterkaitan pengguna.

Copyrights © 2017