A desire to achieve campus conservation program is one reason in revamping the needs of existing parking spaces.Hopefully, by the analysis of the need for parking spaces can make the guidance on land use for parking space that is required to students as parking lot users. Parking lot that exists today in FIK and FT for passenger cars has an area of 1447 m² effective parking with a capacity of 74 units of the parking space static and dynamic capacity of 3985 cars. Based on the calculation and the results of a field survey for the parking space requirement, it is found now that this park is now unable to serve the needs that exist during peak hours, especially when approaching Friday prayers. But for it just only a short-time then it is not a problem. To solve problems that exceed the maximum accumulation of quota only brief can be solved with on-street parking system that uses the model 90º angle. Another way to solve parking problems in FIK and FT is with a good management system. Appropriate analysis of the importance of the capacity calculation FIK and FT parking space is for 38 units of space parking system with dynamic capacity with a record of eliminating all the parking area with the intention of maximizing. Keingingan untuk mewujudkan program konservasi kampus juga ikut melatarbelakangi dalam pembenahan kebutuhan ruang parkir yang sudah ada. Diharapkan dengan adanya analisa tentang kebutuhan ruang parkir dapat menjadikan pedoman tentang pengaturan tata guna lahan untuk lahan parkir yang diperlukan kepada pihak universitas selaku pihak pengelola dan mahasiswa sebagai pengguna lahan parkir. Pelataran parkir yang ada saat ini di FIK dan FT untuk mobil penumpang memiliki luas area parkir efektif 1447 m2 dengan kapasitas statis 74 SRP dan kapasitas dinamis 3985 mobil. Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil survai lapangan kebutuhan ruang parkir untuk saat ini sudah tidak dapat melayani kebutuhan yang ada pada saat jam-jam puncak terutama hari jumâat saat mendekati ibadah sholat jumâat. Tapi karena itu tidak berlangsung lama maka hal itu tidak di jadikan permasalahan. Untuk menyelesaikan permasalahan akumulasi maksimum yang melebihi kuota yang hanya berlangsung singkat tersebut dapat di pecahkan dengan sistem perparkiran on street yang menggunakan pola sudut 90º. Cara lain yang digunakan untuk mengatasi masalah perparkiran di FIK dan FT adalah dengan sistem pengelolaan yang baik. Sesuai analisis perhitungan maka didapat KRP FIK dan FT adalah sebesar 38 SRP dengan sistem kapasitas dinamis dengan catatan menghilangkan semua lahan parkir yang ada dengan maksud pemaksimalan.Â
Copyrights © 2016