Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dan setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.
Copyrights © 2014