cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Automotive Science and Education Journal
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 124 Documents
PENGEMBANGAN JOBSHEET PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DASAR PERBAIKAN SISTEM CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) SEPEDA MOTOR Pratama, Danang Wahyu; Widjanarko, Dwi; Wahyudi, Wahyudi
Automotive Science and Education Journal Vol 3 No 1 (2014): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah job sheet praktikum yang dikembangkan dapat meningkatkan Kompetensi Inti perbaikan sistem CVT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dan dalam pengambilan data menggunakan desain eksperimen dengan tipe pretest-posttest control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik prodi teknik kendaraan ringan (TKR) kelas XII  SMK Yos Soedarso Sidareja pada materi perbaikan sistem CVT tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 83 peserta didik. Sampel penelitian ini diambil 60 siswa dan pengambilan sampelkelas XII program keahlian teknik kendaraan ringan secara simple random sampling. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes praktek berupa soal kasus dan dianalisis menggunakan uji gain. Hasil uji gain diperoleh ghitung eksperimen 0,43 berkategori sedang, sedangkan ghitung kontrol 0,16 dengan kategori rendah, sehingga dapat disimpulkan pengembangan jobsheet praktikum dapat meningkatkan kompetensi inti perbaikan sistem CVT kelas XII teknik kendaraan ringan SMK Yos Soedarso Sidareja pada materi Perbaikan sistem CVT.The purpose of this research is finding out whether the developed jobsheet practical work is able to increasing the base competence of repairing CVT’s sistem. This research is using the R and D’s method and the data’s withdrawal is using experimental design with pretest-posttest control group design’s type. Population of this research is all of the grade XII’s student of TKR SMK Yos Soedarso Sidareja at the repairing CVT’s sistem lesson 2013/2014 school year which is amount 83 persons whether divided by 3 classes. The sample is divided by two classes and it’s withdrawing of grade XII from the tertiary TKR’s classes according to simple random sampling.. The result of this research is obtained by practical test method with a case in the three phases of work such as dismantling, repairing, and assembling. Then it’s analyzed using gain test to get 0,43 ghitung experiment which has medium category, whereas control of ghitung is 0,16 which has low category, so the conclusion is that the developing jobsheet practical work is able to increase the base competence of repairing CVT’s sistem to the grade XII’s student’s of TKR SMK Yos Soedarso Sidareja at the repairing CVT’s sistem lesson.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SERVICE ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA Izzudin, Ahmad Maulana; Masugino, Masugino; Suharmanto, Agus
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR Parmanto, Candra; Raharjo, Winarno Dwi; Suharmanto, Agus
Automotive Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2012): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar sistem kelistrikan bodi kompetensi teknik sepeda motor pada mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Unnes tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola control group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Mesin Unnes tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil 2 rombel, didapatkan rombel 1 sebagai kelompok eksperimen dan rombel 2 sebagai kelompok kendali. Dari hasil penelitian diperoleh prestasi belajar kelas kendali yaitu rata-rata awal sebesar 61,14 setelah pembelajaran menjadi 68,13. Sedangkan kelas eksperimen rata-rata awal sebesar 62,27 setelah pembelajaran menjadi 79,87. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata data hasil post test didapatkan ada pengaruh prestasi belajar yang cukup efektif antara kelompok eksperimen dan kelompok kendali dengan rata-rata peningkatan prestasi belajar kelas eksperimen 28,26% sedangkan kelas kontrol 10,85%.This study aims to know how big the influence of media on learning achievement of learning interactive body electrical system competencies the motorcycle to students of Study Program of Mechanical Engineering of Unnes of the school year 2011/2012. This study is a research experiment with pattern control group pre-test post test. The population in this study were all students of Study Program of Mechanical Engineering of Unnes academic year 2011/2012. Samples were taken 2 studi groups, obtained studi groups 1 as the experimental group and studi groups 2 as control group. Achievement of the research results obtained by studying the control class average of 61.14 after the beginning of learning to be 68.13. While the experimental class average of 62.27 after the beginning of learning to be 79.87. Based on the test the average difference in the two post-test data results obtained there are differences in learning achievement is quite significant between the experimental group and control group with an average increase in learning achievement experimental class 28.26% 10.85% while the control class.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGGUNAAN INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUJIAN INJEKTOR PADA KENDARAAN EFI Sa’dullah, Muhamad; Widjanarko, Dwi
Automotive Science and Education Journal Vol 3 No 1 (2014): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mulltimedia yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam pengujian injektor pada kendaraan EFI dengan berdasarkan metode Research and Development (R&D). Untuk uji coba produk untuk melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan pola pre test post test one group. Dari analisis data secara deskriptif diketahui bahwa hasil pengembangan multimedia ini valid (layak) digunakan untuk pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam penggunaan injector tester untuk pengujian injektor pada kendaraan EFI.  Hal ini terlihat pada hasil uji ahli materi dan ahli media. Untuk rata-rata hasil pengujian materi penggunaan injector tester sebesar 93,75% dan rata-rata hasil pengujian ahli media sebesar 74,55%. Untuk tanggapan dari reviewer mahasiswa sebesar 82,61. Peningkatan hasil belajar mahasiswa dapat diketahui dari perbedaan hasil rata-rata pre test dan post test. Hasilnya rata-rata hasil nilai pre test sebesar 49,03% dam Rata-rata hasil nilai pos test sebesar 84,60%.  Bedasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah diberikan multimedia pembelajaran.The objective of this study is to find out whether multimedia which is developed fill the feasibility criteria and to know the improvement of university students’ learning result in injector testing on EFI vehicle used Research and Development (R&D) method. Pre test post test one group was used to measure the student’s improvement. Based on the descriptive of the data analysis, the development of this multimedia learning was feasible to be used in learning process and the students’ ability in using the injector tester for injector testing on EFI increased. This could be seen on the results of both theoretical and media expert tests. The average results of the theoretical test in using injector tester was 93.75% and the average results of media expert was 74.55%. The response from the reviewers (students) was 82.61%. The improvement of the students’ learning result could be seen from the difference of the pre test and post test average. The average result of the pre test was 49.03% and the post test was 84.60%. Based on the data analysis, we could conclude that there was a significant improvement of the students after they were given a multimedia learning.
PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM AC -, Samsudduha; -, Masugino; -, Supraptono
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI SERVIS SISTEM PENDINGIN Hamit, Abdul; Khumaedi, Muhamad; -, Abdurahman
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 1 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN PERAGA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA MENDIAGNOSIS SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR Kartika, Rhino; -, Hadromi; -, Winarno
Automotive Science and Education Journal Vol 1 No 1 (2012): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu peraga sistem pengapian sepeda motor dan mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa setelah menggunakannya. Dalam penelitian ini, desain eksperimen yang semu dengan pola pre-test post-test one group design diterapkan. Sampel penelitian terdiri atas mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perakitan Otomotif I Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang sejumlah 29 orang. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan pemahaman tentang sistem pengapian sepeda motor sebelum dan setelah menggunakan alat peraga, nilai rata-rata sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga secara berurutan sebesar 54,52 dan 75,86. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan alat peraga sistem pengapian sepeda motor telah berjalan dengan baik karena prestasi belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Perakitan Otomotif I mengalami peningkatan 39,15% dari sebelum menggunakan.The purpose of this study is to make a prop of motorcycle ignition system and find an increase in the student understanding after using it. In this study, a quasi-experimental design with a pattern of pre-test post-test one group design is applied. The study samples consisted of students who take courses in Automotive Assembly I Department of Mechanical Engineering, State University of Semarang, namely amount of 29 people. Based on the data analysis, it is found that there is an increased understanding of the ignition system of a motorcycle before and after the use of props, the average value before and after the use of props are 54.52 and 75.86, respectively. So it can be said that the use of props motorcycle ignition system has been running well for learning achievements of students attending Automotive Assembly I have increased 39.15% from the prior use
PENGGUNAAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR CDI-DC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI IDENTIFIKASI SISTEM PENGAPIAN Tahroni, Tahroni; Widjanarko, Dwi
Automotive Science and Education Journal Vol 3 No 2 (2014): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa, sebelum dan setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC. Penelitian menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 10 Semarang yang berjumlah 61 siswa terbagi dalam dua kelas yaitu XI TSM 1 dan XI TSM 2. Penelitian diambil berdasarkan total sampling/sampling jenuh dengan siswa kelas XI TSM 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI TSM 2 sejumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sebelum menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (pre test) hasilnya tidak ada perbedaan. Sedangkan hasil belajar materi identifikasi sistem pengapian sepada motor CDI-DC setelah menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya rata-rata hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 64,33 dan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC sebesar 82,95 dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan peraga pembelajaran sistem pengapian sepeda motor CDI-DC.
IMPLEMENTASI PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN KOMPETENSI DASAR MENDIAGNOSIS GANGGUAN SISTEM REM Adhitya, Dhimas Lulut; Masugino, Masugino; Masugino, Masugino
Automotive Science and Education Journal Vol 3 No 1 (2014): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar kompetensi mendiagnosis gangguan sistem rem siswa kelas X program studi keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Diponegoro Juwana tahun ajaran 2012/2013 rata-rata 65,67 (masih rendah). Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan masih konvensional, serta penilaian yang digunakan untuk menentukan hasil belajar siswa adalah tes, sehingga  proses pembelajaran dan penilaian tersebut belum sesuai dengan standar proses dan standar penilaian pendidikan.  Untuk itu diadakan penelitian dengan mengimplementasikan portofolio sebagai model pembelajaran dan portofolio sebagai penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif dan mengukur perbedaan hasil penilaian portofolio dengan hasil belajar kognitif (post-test) pada kompetensi dasar mendiagnosis gangguan sistem rem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis portofolio untuk siswa kelas X program studi keahlian teknik kendaraan ringan (TKR) SMK Diponegoro Juwana tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini sama dengan jumlah populasi yaitu seluruh peserta didik  kelas X teknik kendaraan ringan dengan jumlah 21 siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre experimental design dengan jenis pre-test and post-test group.. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes pilihan ganda dan penilaian portofolio, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik perbedaan dua rata-rata dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, serta rata-rata hasil penilaian portofolio dan hasil post-test berbeda secara nyata, yaitu rata-rata hasil penilaian portofolio lebih tinggi daripada hasil post-test pada kompetensi dasar mendiagnosis gangguan sistem rem. Sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio dan menggunakan instrumen penilaian portofolio pada kompetensi dasar mendiagnosis gangguan sistem rem karena terbukti hasil belajar siswa dapat diperoleh secara maksimal.Learning achievement  of competence diagnosing brake system disorders of the class X student engineering courses Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Diponegoro Juwana academic year 2012/2013 by an average of 65,67 or lower students grades. This is due to the applied learning model is a conventional and assessments used is test, so this learning process and assessment isn’t   belong to the process and educational assessment standard. According to that situation, a research has conducted wich is portfolio implemented as a learning model and as assessment.  The purpose of this research is measuring cognitive improvement  learning achievement and measuring the difference between the portfolio assessment with cognitive learning achievement (post-test) of competence diagnosing brake system disorders of the class X student engineering courses Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Diponegoro Juwana academic year 2013/2014 which were using a portfolio learning model. The sample in this research is equal to the number of entrants for class X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) with a number of 21. This research used a design of experiments "pre-experimental design" with a kind of pre-test and post-test group. The data were obtained by the method of multiple-choice tests and portfolio assessments, and then analyzed using two statistical tests the average difference with a significance level of 0.05 was obtained tcount>ttable, then Ho was rejected and Ha was accepted, so it can be concluded based learning model portfolio can improve cognitive learning outcomes of learners and the average portfolio assessment results and post-test results were significantly different at an average portfolio valuation is higher than the post-test results through the application of the competency-based learning portfolio on the basis of diagnosing brake system disorders. Should teachers use portfolio based learning model and using portfolio assessment instrument on the basis of diagnosing brake system disorders because student learning outcomes can be obtained to the maximum.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISTEM HIDROLIK MENGGUNAKAN PERAGA SISTEM REM HIDROLIK DENGAN SILINDER MASTER TIPE -, Jatmiko; -, Pramono; -, Boenasir
Automotive Science and Education Journal Vol 2 No 2 (2013): Automotive Science and Education Journal
Publisher : Automotive Science and Education Journal

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Page 1 of 13 | Total Record : 124