Journal of Biology Education
Vol 3 No 2 (2014)

PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK PADA PEMBELAJARAN MATERI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DI SMP NEGERI 2 BRANGSONG KENDAL

Yuanita, Riskawati (Unknown)
Kartijono, Nugroho Edi (Unknown)
Sumadi, Sumadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2014

Abstract

 Abstrak___________________________________________________________________Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menerapkan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar di SMP N 2 Brangsong Kendal. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study. Sampel yang digunakan adalah kelas IXc dan IXd, pengambilan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa dalam pembelajaran yang tergolong dalam kategori aktif dan sangat aktif pada kelas IXc pertemuan I, II, dan III adalah 82,9%, 85,8%, dan 88,6%. Sedangkan pada kelas IXd adalah 97,1% pada pertemuan I dan II, pada pertemuan III semua siswa termasuk dalam kategori aktif dan sangat aktif. Seluruh siswa telah mencapai KKM dan lebih dari 85% siswa hasil belajarnya optimal ( nilai hasil belajar >75). Secara umum, pembelajaran yang dilakukan guru sudah terlaksana sesuai RPP (kinerja guru sangat baik), sementara itu tanggapan siswa terhadap pembelajaran menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan sangat baik. Secara umum guru memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model investigasi kelompok pada materi kelangsungan hidup makhluk hidup dengan pendekatan jelajah alam sekitar dapat mengoptimalkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP N 2 Brangsong.   Abstract ___________________________________________________________________ This study aims to determine the aktivity and student learning outcomes in a model of learning by applying materials group investigation on the survival of living beings with JAS approach to cruising around in SMP N 2 Brangsong Kendal. This study design using the one shot case study. The sample used in a class IXc and IXd, sampling is determined by purposive sampling technique. The results showed that students in learning activities that belong in the category of active and very active in meeting IXc class I, II, III were 82,9%, 85,8%, and 88,6%. While in class IXd was 97,1% in the first and second meeting, at the third meeting of all students are included in the category of active and very active. All student have achieved KKM and more than 85% of students optimal learning outcomes (learning outcomes values > 75) in general, the learning that teachers already accomplished in accordance RPP (teacher’s performance is very good), while the response of students towards learning shows that most students responded very well. In general, the teacher gave an axcellent response to applied learning. Conclusions from this research group is investigating the application of the model to the material survival of living being with natural roaming around approach to optimize the activity and student learning outcomes in SMP N 2 Brangsong.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

ujbe

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Journal of Biology Education [e-ISSN 2540-833X | p-ISSN 2252-6579 | DOI 10.15294/jbe | DOAJ toc/2252-6579 | Department of Biology, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Semarang] publishes research articles and conceptual analysis of philosophy, education theory, biology ...