Educational Management
Vol 4 No 2 (2015): December 2015

PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI AKADEMIK BERBASIS PUSAT BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN GURU SMK

Widianingsih, Litasari (Unknown)
Rustono, Rustono (Unknown)
Widyanto, Widyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2016

Abstract

Permasalahan guru dalam pembelajaran Kewirausahaan perlu dipecahkan dengan memanfaatkan pusat bisnis sebagai tempat belajar siswa secara langsung. Supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas selama ini dilakukan di dalam kelas, yang seharusnya dilakukan pada pusat bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan model supervisi akademik berbasis pusat bisnis untuk meningkatkan pembelajaran Kewirausahaan. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Langkah-langkahnya meliputi tahap penelitian pendahuluan, pengembangan,, dan ujicoba. Penelitian pendahuluan dengan kajian literatur dan penelitian lapangan untuk mengungkap pelaksanaan supervisi pembelajaran saat ini dan kebutuhan model supervisi. Uji coba terbatas untuk mengetahui keefektifan model.. Hasil penelitian menunjukkan model faktual supervisi akademik yang selama ini diselenggarakan oleh pengawas sekolah kurang optimal. Supervisi yang sesuai kebutuhan adalah supervisi akademik berbasis pusat bisnis yaitu  model supervisi akademik yang dilakukan pengawas dengan memanfaatkan sarana pusat bisnis sebagai tempat pembelajaran siswa. Hasil uji coba keefektifan model supervisi akademik berbasis pusat bisnis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru kewirausahaan dibuktikan dengan evaluasi reaksi, evaluasi pembelajaran, dan evaluasi perilaku. Disarankan model supervisi yang dikembangkan menjadi salah satu alternatif bagi pengawas sekolah untuk menggunakan model supervisi akademik berbasis pusat bisnis untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Kewirausahaan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

eduman

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Educational Management is a peer-reviewed journal which publishes original contributions on education administration, management and leadership in the widest sense: on the management of schools of all types, and of further and higher education institutions; on administration and policy at all levels ...