Fashion and Fashion Education Journal
Vol 2 No 1 (2013)

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS LABORATORIUM KETRAMPILAN TATA BUSANA TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BRANGSONG KENDAL 2012

fajri, ari fitriyani nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh minat belajar dan fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Dan mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar dan fasilitas laboratorium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Sampel sebanyak 140 siswa, variabel (X) : Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium ketrampilan tata busana dan variabel (Y) : Hasil Belajar. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah Observasi , Dokumentasi dan Angket. Analisis yang di gunakan adalah deskriptif data dan analisa regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa sebesar 84% berada pada kategori sangat tinggi dan fasilitas laboraturium yang dimiliki di SMP Negeri 1 Brangsong Kendal sebesar 81% berada pada kategori baik. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar dan fasilitas laboraturium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012. Besarnya pengaruh minat belajar dan fasilitas laboraturium ketrampilan tata busana terhadap hasil belajar tata busana siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 sebesar 32%.AbstractThis study aimed to determine whether there is an influence learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. And knowing how much influence learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Bransong Kendal 2012. Sample of 140 students, the variable (X): Interest and Learning Laboratory Facility Skill Order Clothing and variable (Y): Learning Outcomes. Data collection methods used are observation, documentation and Questionnaire. The analysis used is descriptive data and regression analysis. Results showed student interest by 84% in the category of very high and laboratory facilities are owned in SMP Negeri 1 Brangsong Kendal by 81% in the category of good. Conclusion There is a significant influence between learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012. And the influence of learning and laboratory facilities skill order clothing learning outcomes fashion eighth grade students of SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012 by 32%.

Copyrights © 2013