Journal of Economic Education
Vol 5 No 2 (2016): November 2016

PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIATOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Rumah Makan Pondok Padi Organik di Sragen)

Haryanto, Aris Tri (Unknown)
Dewi, Septiana Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2017

Abstract

Para pemasar telah mengenal empat komponen dasar atau unsur-unsur yang biasa disebut dengan 4p (product, price, promotion, dan place) yang digunakan untuk menciptakan strategi pemasaran dalam mencapai keunggulan bersaing. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris peran bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediator (Studi pada Rumah makan Pondok Padi Organik di Sragen). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Rumah makan Pondok Padi Organik di Sragen pada bulan April tahun 2016 sejumlah 950 konsumen. sampel diambil sebesar 10% dari jumlah populasi, yaitu sebesar 95 responden dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Produk, harga, distribusi, promosi dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil path analysis menunjukkan bahwa pengaruh secara langsung lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung. Harga merupakan variabel paling dominan dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen Rumah makan Pondok Padi Organik di Sragen.   The marketers have known four basic components or elements that are commonly referred to 4p (product, price, promotion, and place) that is used to create a marketing strategy to achieve competitive advantage. The purpose of this study was to determine empirically the role of marketing mix on purchasing decisions with customer satisfaction as a mediator variable (Study on Organic Rice diner cottage in Sragen). The population in this study is that consumers in the House dining lodge Organic Rice in Sragen in April 2016 a number of 950 consumers. samples were taken by 10% of the total population, which amounted to 95 respondents by random sampling technique. The results showed that the product and the price is not significant effect on customer satisfaction, distribution and promotion of significant effect on customer satisfaction. Product, price, distribution, promotion and customer satisfaction significantly influence. purchasing decisions. The results of path analysis showed that the direct effect is greater than the indirect effect. Price is the most dominant variable in increasing consumer purchasing decisions Rumah Pondok Organic Rice meal in Sragen.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jeec

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Journal of Economic Education publishes articles of original researchs and conceptual studies economics teaching and learning. This journal is published by Postgraduate Program, Universitas Negeri ...