Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami)
Vol 1 No 1 (2017): Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami )

Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik

Muhammad Tri Stio Ermawan (STKIP AL HIKMAH Surabaya)
Anisa Fatwa Sari (STKIP AL HIKMAH Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi trigonometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk One-Shot Case Study. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai sampel penelitian untuk diberi perlakuan dengan model pembelajaran Take and Give kemudian dilakukan observasi hasil melalui postes. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan bentuk soal uraian sebanyak 5 butir soal. Data hasil postes dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran take and give berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Copyrights © 2017