Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri
Vol 5, No 2 (2016)

Strategi Pengembangan Potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan Dukungan Kucuran Kredit (Studi Kasus: UMKM Kabupaten XYZ)

Putri Pangestika (University of Brawijaya)
Imam Santoso (University of Brawijaya)
Retno Astuti (University of Brawijaya)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2016

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan kinerja UMKM setelah mendapat kucuran kredit, mengetahui alternatif perencanaan strategi yang tepat dalam pengembangan UMKM, dan mengetahui prioritas strategi pengembangan UMKM di Kabupaten XYZ. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji peningkatan kinerja UMKM setelah mendapat kredit, Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) untuk perencanaan alternatif strategi dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk penentuan prioritas strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada omset penjualan dan keuntungan usaha setelah mendapat kucuran kredit, namun pada jumlah tenaga kerja mengalami peningkatan yang tidak signifikan setelah mendapat kucuran kredit. Strategi pengembangan yang dapat diterapkan pada UMKM Kabupaten XYZ yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk. Prioritas strategi pengembangan yang dapat diterapkan UMKM di Kabupaten XYZ adalah melakukan inovasi produk yang diolah, menjaga dan mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan sarana dan prasarana pengembangan UMKM.Kata kunci: kucuran kredit, strategi, UMKMAbstract This research aimed to know the improvement of the Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) performance after getting financial credit support, to know appropriate planning of strategies in developing MSMEs and to find out the priority of development strategies at MSMEs in XYZ Regency. Wilcoxon test was used to test the improving performance of MSMEs after getting financial credit support, Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) analysis was used to plan alternative strategies then Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) was used to determine the priority of alternative strategies. The results of research showed that there was a significant improvement in sales and business profits after getting financial credit support, but the increasing amount of employee was not significant after getting financial credit support. Development strategies which could be applied in XYZ Regency were market penetration and product development. There were three priority development strategies which able to be applied at MSMEs in XYZ Regency, i.e conducting product innovation, maintaining the quality of products, and improving the facilities and infrastructure of MSMEs development.Keywords: credit assistance, MSMEs, strategy

Copyrights © 2016