cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri
Published by Universitas Brawijaya
ISSN : 22527077     EISSN : 25493892     DOI : -
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri which is abbreviated as Industria. Industria is a journal published by Department of Agro-industrial Technology, Faculty of Agricultural Technology, University of Brawijaya, Indonesia. It publishes articles in the scope of technology and management of agro-industrial field, and also other related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 222 Documents
PEMURNIAN EUGENOL DARI MINYAK DAUN CENGKEH DENGAN REAKTAN ASAM MONOPROTIK. KAJIAN JENIS DAN KONSENTRASI ASAM Halima Wahyu Haryani; Nur Hidayat; Nur Lailatul Rahmah
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 3, No 2 (2014)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.889 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan asam nitrat (HNO3) dan asam klorida (HCl) serta konsentrasinya (1,2; 1,4; 1,6 dan 1,8 N) terhadap kualitas eugenol. Pemurnian dilakukan dengan cara ekstraksi secara kimia yaitu menggunakan larutan basa kuat (NaOH) yang akan mengubah fenol menjadi garamnya, sedangkan larutan asam kuat (HNO3 dan HCl) mengubah Naeugenol menjadi eugenol kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan penggunaan jenis reaktan asam dengan konsentrasi yang berbeda berpengaruh dalam pemurnian eugenol dari minyak daun cengkeh. Pengaruh secara nyata tampak pada parameter rendemen, berat jenis dan indeks bias sedangkan untuk warna dan kelarutan dalam etanol 70% tidak berpengaruh nyata. Perlakuan terbaik yaitu jenis reaktan asam HNO3 1,8 N dengan hasil rendemen 81,30%, berat jenis 1,0653 g/ml, indeks bias 1,547o brix, warna coklat kemerahan, kelarutan dalam etanol 70% yaitu 1:2 dan kadar kemurnian eugenol meningkat dari 79,10% menjadi 95,10%.Kata Kunci: Eugenol, Ekstraksi, Kemurnian, Minyak Daun Cengkeh, Reaktan.Abstract This research aims to find out the influence of the use of nitric acid (HNO3) and hydrochloric acid (HCl) and concentration (1.2; 1.4; 1.6 and 1.8 N) to the quality of eugenol. The purification can do with chemical extraction using a solution of strong base (NaOH) which will convert phenols into salts, while strong acid solution (HNO3 and HCl) changed the Na-eugenol to eugenol. The results showed that differences in the use of acid reactant type with different concentrations is influece in the purification of eugenol from clove leaf oil. Significantly influence looks at the parameters yield, specific gravity and refractive index as for color and solubility in ethanol 70% no effect is real. The best treatment that is kind of the reactant acid HNO3 1.8 N with 81.30% yield results, specific gravity g/ml, 1.0653 refractive index 1,594 obrix, reddish-brown color, solubility in ethanol 70% which is 1: 2 and eugenol-purity levels increased from 79.10% to 95.10%Keywords: Eugenol, Extraction, Clove Leaf Oil, 
PERAMALAN PERMINTAAN DENGAN PENDEKATAN MARKETING MIX PADA PRODUK KERIPIK APEL MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN Laella Mallini; Wike Agustin Prima Dania; Shyntia Atica Putri
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 4, No 1 (2015)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (586.452 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil peramalan permintaan produk keripik apel menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan (JST) dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi volume penjualan. Metode JST dapat dilatih untuk mempelajari dan menganalisis pola data masa lalu dan berusaha mencari suatu formula atau fungsi yang akan menghubungkan pola data masa lalu dengan keluaran yang diinginkan saat ini. Salah satu algoritma pelatihan JST yang dapat dimanfaatkan dalam menyelesaikan sistem peramalan adalah propagasi balik (backpropagation). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil arsitektur jaringan single hidden layer terbaik yaitu 4-9-1 (4 neuron input, 9 neuron hidden layer, 1 neuron output). Nilai Mean Square Error (MSE) yang diperoleh sebesar 2185,004. Rata-rata persentase kesalahan hasil simulasi peramalan permintaan pada periode Januari – Mei 2014 adalah sebesar 3,18%.Kata kunci: Algoritma Pembelajaran, Backpropagation, MSEAbstract The purpose of this research is to obtain the outcome forecast of the apple chip product demand using Artificial Neural Network (ANN) method with considering the affect factors againts to sales voIume. The ANN method can be trained to study and to analize the past pattern data as well as to find a formula or function that will connect the past pattern data to the current expected outcome. One of ANN training algoritma that can be used to solve this forecast system is backpropagation. Based on the conducted research, the result obtained is generate the best hidden singIe network architecture layer 4- 9-1 (4 input neurons, 9 hidden Iayer neurons, 1 output neuron). The value of Mean Square Error (MSE) is 2185,004. The average percentage errors as the result of demand forecast simulation during the period of January - May 2014 is 3,18%.Keywords: Learning Algorithm, Backpropagation, MSE
ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX Lulu Dian Anggraeni; Panji Deoranto; Dhita Morita Ikasari
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 4, No 2 (2015)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.318 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepentingan setiap atribut berdasarkan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan mengetahui tingkat kepuasan konsumen berdasarkan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu Product (produk), Price (harga), Place (tempat/lokasi), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses), dan Physical Evidence (bukti fisik). Berdasarkan diagram kartesius, atribut yang masuk pada kuadran I adalah atribut yang kinerjanya perlu ditingkatkan dan dilakukan evaluasi tiap bulan agar mengetahui keinginan dari konsumen. Atribut yang masuk dalam kuadran II adalah atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya dan sudah memuaskan konsumen. Atribut yang masuk dalam kuadran III adalah atribut yang memiliki prioritas rendah dan kuadran IV adalah atribut yang dianggap kurang penting oleh pelanggan tetapi kinerja restoran sudah sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen secara menyeluruh (berdasarkan nilai CSI) sebesar 0,66 dan terletak di rentang nilai 0,66-0,80 yang menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengunjung adalah kriteria “Puas”.Kata kunci: CSI, IPA, persepsi konsumen, restoranAbstract The purpose of this study was to determine the level of importance of each attribute by Importance Performance Analysis (IPA) and know the level of customer satisfaction based methods Customer Satisfaction Index (CSI). This study uses marketing mix 7P namely Product (product), Price (prices), Place (where / location), Promotion (promotion), People (people), Process (process), and Physical Evidence (physical evidence). Based on the Cartesian diagram, the attributes that go in the first quadrant is an attribute whose performance needs to be improved and to be evaluated every month in order to determine the wishes of the consumer. Attributes included in quadrant II are the attributes that need to be maintained and its performance has been satisfactory consumer. Attributes included in quadrant III is an attribute that has a low priority and the quadrant IV are the attributes that are considered less important by customers but the performance has been very good restaurant. The results showed that the overall level of customer satisfaction (based on the value CSI) of 0.66 and is located in a range of values from 0.66 to 0.80 indicating that visitor satisfaction index is the criterion of "Satisfied".Keywords: Consumers perception, CSI, IPA, Restaurant 
Penurunan Kadar Tanin Pada Buah MangroveJenis Brugueira gymnorrhiza, Rhyzophora stylosa dan Avicennia marina untuk Diolah Menjadi Tepung Mangrove Palmira Ayu Chrissanty
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.103 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi pemberian abu sekam padi yang tepat pada buah mangrove jenis Brugueira gymnorrhiza, Rhyzophora stylosadan Avicennia marina saat perebusan sehingga menghasilkan tepung mangrovedengan kadar tanin terendah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Tersarang dengan menggunakan dua faktor. Faktor pertama adalah jenis buah mangrove yang digunakan (P1 = Brugueira gymnorrhiza; P2 = Rhyzophora stylosa; P3 = Avicennia  marina), sedangkan faktor kedua adalah persentase pemberian abu sekam padi saat perebusan (R1 = 20% b/b; R2 = 25% b/b; R3 = 30% b/b). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar tanin tepung mangrove terendah diperoleh dengan pemberian abu sekam padi sebanyak 30% b/b. Hasil analisa diperoleh kadar tanin terendah dari masing-masing tepung adalah P1R3 = 0,945% (9,45x10-5 mg/kg), P2R3 = 3,765% (3,765x10-4 mg/kg) dan P3R3 = 0,860% (8,6x10-5 mg/kg). Perolehan kadar tanin yang terendah ini telah sesuai dengan nilai ADI (Acceptable Daily Intake) tanin yang merupakan batas aman dalam bahan makanan yaitu sebesar 560 mg/kg berat badan/hari sehingga tepung mangrove aman dikonsumsi.Kata kunci : Abu Sekam Padi, Buah Mangrove, Tanin, Tepung Mangrove
Susunan Redaksi dan Cara Penulisan Naskah Hidayat, Nur
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.77 KB)

Abstract

Susunan Redaksi dan Cara Penulisan NaskahPengiriman naskah jua dapat dilakukan secara online setelah penulis mendaftar dan login terlebih dahulu. ikuti pedoman yang adaEditor juga dapat melakukan cara yang samakami tunggu tulisan ataupun kesediaan menjadi editorsalamredaksi
ANALISIS KELAYAKAN TEKNIS DAN FINANSIAL PRODUKSI SOSIS JAMUR TIRAM PADA SKALA INDUSTRI KECIL (STUDI KASUS DI BUDIDAYA JAMUR TIRAM ‘WAHYU’ KOTA MOJOKERTO) Meta Fitri Harlistaria; Wignyanto Wignyanto; Dhita Morita Ikasari
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.158 KB)

Abstract

Sausage is a type of food which is popular in the market and often consumed by people, especially children and teenagers. Therefore, oyster mushroom can be turned into sausage and becomes a solution for the vegetarians to substitute the meat. The method used to analyze the technical aspects is an approach to the raw material availability. However, the method used to analyze the financial aspects is the calculation of HPP, BEP, and R/C Ratio. The production of oyster mushroom sausage will be done in UKM Wahyu Mojokerto with the capacity of 10 kg oyster mushroom per day which will produce 110 oyster mushroom sausages and the need of 11 vacuum packaging and 2 labors. The work hours start from 08.00 am to 1.40 pm for 5 days. The production process is carried out every one cycle per day by using the main machine that is sausage filler. The result of the oyster mushroom sausage production in UKM Wahyu is calculated from the financial aspects (HPP) Rp 1.666,75 with the selling price Rp 2.000,00. Therefore, the BEP is 13.308 units and Rp 26.617.544,51 while the R/C Ratio is 1,2. It means that the production of oyster mushroom sausage has met the standards of business efficiency that can be said to be profitable and viable. Key word: financial aspects, technical aspects oyster mushroom sausage.
Sampul Jurnal Industria Industria, Redaksi Jurnal
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 1, No 2 (2012)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (29.77 KB)

Abstract

dapat digunakan untuk edisi cetak
ANALISIS MUTU PRODUK DAN KEMASAN LEMPUK DURIAN (DURIO ZIBETHINUS SP) Rizqi Wahyudi; Wahyu Supartono; Nafis Khuriyati
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.049 KB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan mutu produk dan kemasan yang terbaik dengan merancang atau membuat konsep kemasan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen berdasarkan analisa mutu produk terhadap kemasan yang digunakan. Metode pengembangan kemasan yang dilakukan dengan pendekatan pengembangan produk dan value engineering dengan pengembangan performansi berdasarkan keinginan konsumen dengan menggunakan metode FAST (Function Analysis System Technique). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lempuk durian pada kemasan karton biasa memiliki kadar air yang lebih tinggi dari pada Duplex 310 g dan Duplex 400 g sehingga mikroba lebih cepat tumbuh dan menurunkan mutu lempuk durian. Kapang dan khamir pada lempuk durian dengan kemasan karton biasa sudah tumbuh pada hari ke-10 yaitu 28 x 102 kol/g sedangkan lempuk durian dengan kemasan Duplex 310 g dan 400 g ditumbuhi kapang dan khamir pada hari ke-16 yaitu 22 x 102 kol/g. hasil identifikasi kebutuhan konsumen, tahap pengujian dan pemilihan alternatif-alternatif konsep pengembangan kemasan tahap analisa maka konsep akhir dari produk lempuk durian dapat ditentukan dengan spesifikasi sebagai berikut : 1). Kemasan primer adalah jenis bahan kertas perkamen dengan teknik pembungkusan tertutup, 2). Kemasan sekunder : untuk lempuk durian kemasan 250 g adalah kertas Duplex 400 g, bentuk kemasan kotak segi empat, ukuran kemasan 11 x 8 x 5 cm, tidak menggunakan segel, tidak menggunakan bagian transparan, ukuran lempuk durian 5,5 x 2 x 2 cm dan jumlah lempuk durian per kemasan yaitu 10 biji, sedangkan untuk lempuk durian kemasan 1 kg adalah kertas Duplex 350 g, bentuk kemasan kotak segi empat, ukuran kemasan 16 x 11 x 5 cm, tidak menggunakan segel, menggunakan bagian transparan, ukuran lempuk durian 8 x 5,5 x 2,5 cm dan jumlah lempuk durian per kemasan yaitu 8 biji, 3) Kemasan tersier yaitu jenis bahan kardus, bentuk kemasan kotak segi empat, dan ukuran kemasan adalah 32 x 25,5 x 19,5 cm.Kata kunci : Pengembangan Produk, Value Engineering, Desain Kemasan, Analisa Mutu. Lempuk DurianAbstract The study aimed at developing the best quality and package of the product through customized package to fulfill the need and the demand of consumers based on the analysis of product and packing quality. The data was collected by a survey method of the consumers with interview and questionnaire. The package was developed using the value engineering approach and function analysis system technique (FAST) in improving its performance based on consumers’ demand. The results of the study showed that the lempuk durian packed in regular cardboard had higher water content than in Duplex 310 g and in Duplex 400 g packages that microbes could easily grow that causes the decrease the quality of the product. Mold and mildew were found growing in the lempuk durian packed in regular cardboard in the tenth day, which was 28 x 102 col/g, while they were found growing in the product packed in the Duplex 310 g and 400 g packages in the sixteenth day, which was 22 x 102 kol/g. Based on the identification of consumers needs, the results of the test and the selection of the alternative concepts of package development, the specification of the final concept of the product was as follows: 1) Primary package was made of parchment paper with closed packing technique; 2) Secondary package for the product of the 250 g was made of Duplex 400 g paper, which was cubicles of 11 x 8 x 5 cm without any seal and transparent part, while the packages of 5.5 x 2 x 2 cm contained 10 pieces for each and the package of the product of 1 kg was packed in the packages made of Duplex 350 g, which was cubicle of 16 x 11 x 5 cm without any seal and with transparent part, the packages of 8 x 5.5 x 2.5 cm contained 8 pieces for each; 3) The tertiary package was made of cardboard box of 32 x 25.5 x 19.5 cm.Keywords: Lempuk Durian, Package Design, Product Development, Quality Analysis, Value Engineering
PENGARUH WAKTU DAN GAYA TEKAN TERHADAP KEKERASAN DAN WAKTU LARUT TABLET EFFERVESCENT DARI SERBUK WORTEL (DAUCUS CAROTA L.) Yoga Nariswara; Nur Hidayat; Mas'ud Effendi
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.349 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu dan gaya tekan terhadap kekerasan dan waktu larut tablet effervescent dari serbuk wortel. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan acak kelompok yang disusun faktorial dengan dua faktor, yaitu gaya tekan (F) dan waktu (T). Parameter yang diuji adalah kekerasan, waktu larut dan total karoten tablet effervescent. Hasil analisis kekerasan didapatkan rerata 0,98 kg/cm2 sampai dengan 1,11 kg/cm2 . Hasil analisis waktu larut didapatkan rerata 55,12 detik sampai dengan 63,61 detik. Analisis ragam kekerasan dan waktu larut menunjukkan ada pengaruh nyata dari waktu (T) dan gaya tekan (F), namun tidak ada interaksi. Hasil analisis total karoten didapatkan rerata 13,37 μg/g sampai dengan 14,01 μg/g. Analisis ragam total karoten menunjukkan tidak adanya pengaruh antar faktor, yang menunjukkan bahwa waktu dan gaya tekan tidak mempengaruhi nilai total karoten tablet effervescent dari serbuk wortel. Pemilihan perlakuan terbaik didapatkan dari perlakuan F1T3, yaitu dengan proses pengepresan pada total tekanan sebesar 1250 kg/cm2 dan waktu 15 detik. Dari perlakuan tersebut didapatkan nilai kekerasan sebesar 1,06 kg/cm2 , waktu larut 56,93 detik dan total karoten sebesar 14,10 μg/g.Kata Kunci : Effervescent, Kekerasan, Total Karoten, Waktu Larut, dan WortelAbstract This research was purposed to find the effect of time and compression force on hardness and soluble time of effervescent tablet from carrot’s powder. This research used grop random design that was arranged factorial by two factors, that are compression force (F) and pressing time (T). Parameters tested are hardness, soluble time dan total carotene. The result of hardness tablet analysis was reached average value 0.98 kg/cm2 until 1.11 kg/cm2 . The result of soluble time tablet analysis was reached average value 55.12 second until 63.61 second. The hardness and Soluble time of analysis variant tablet showed that founded a real different from pressing time (T) and compression force (F), but there is no interaction. The result of total carotene analysis was reached average value 13.37 μg/g until 14.01 μg/g. The total carotene of analysis variant tablet showed that there was no real different from pressing time (T) and compression force (F), that mean those factors didn’t influince value of total carotene effervescent tablet from carrot’s powder. Best treatment was reached from F1T3, that used 1,250 kg/cm2 compression force on 15 second. That treatment has 1.06kg/cm2 hardness value, soluble time 56.93 second and value of total carotene is 14.10 μg/g.Keywords : Carrot, Effervescent, Hardness, Total carotene and Soluble Time
PENILAIAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (SERVICE QUALITY) DAN SIX SIGMA (STUDI KASUS PADA “RESTORAN DAHLIA” PASURUAN) Meryana Santya Paramita; Wike Agustin Prima Dania; Dhita Morita Ikasari
Industria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri Vol 4, No 3 (2015)
Publisher : Department of Agro-industrial Technology, University of Brawijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.665 KB)

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah melakukan penilaian tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas pelayanan serta menentukan atribut yang menjadi prioritas dalam perbaikan kualitas pelayanan Restoran Dahlia, di area wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah servqual (Service quality) dan six sigma. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan pada restoran belum memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Berdasarkan analisis six sigma menunjukkan bahwa tingkat sigma yang dicapai masih jauh dari target 6 sigma sehingga perlu dilakukan perbaikan. Atribut yang menjadi prioritas perbaikan adalah atribut A3 (kesesuaian kualitas produk dan jasa terhadap harga yang ditetapkan). Berdasarkan penilaian, atribut tersebut memiliki nilai gap negatif terbesar serta memiliki nilai sigma sangat kecil sehingga perlu diperbaiki dari sisi manusia, material, metode, mesin serta modal/uang.Kata kunci : Kepuasan, Servqual, Six sigmaAbstractThe purpose of this study is to assess the level of customer satisfaction on service quality and determine the attributes that become a priority in improving the quality of restaurant service Dahlia, in the tourist area of Bromo Tengger Semeru National Park. The method used in this research is servqual (Service quality) and six sigma. From the research results can be seen that the quality of service at the restaurant has not meet the needs and desires of consumers. Based on the six sigma analysis shows that the sigma level achieved is still far from the target of 6 sigma so it needs to be improved. The attribute of improvement priority is attribute A3 (conformity of product and service quality to set price). Based on the assessment, the attribute has the greatest negative gap value and has very small sigma value so it needs to be improved from human side, material, method, machine and capital / money.Keywords: Satisfaction, Servqual, Six sigma

Page 1 of 23 | Total Record : 222