Jurnal Administrasi Publik (JAP)
Vol 4, No 2 (2013): JURNAL ADMINISTRASI PUBLIK

Peran Strategis Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Serang Propinsi Banten

Yeni Widyastuti (Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta Km 4 Serang)
Listyaningsih Listyaningsih (Program Studi Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta Km 4 Serang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Peran Strategis KaukusPerempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Serang Propinsi Banten. KaukusPerempuan Politik Indonesia Kota Serang merupakan sebuah organisasiindependen yang dijadikan wadah aktivitas dan kreativitas perempuan lintasPartai Politik yang bertujuan untuk melahirkan ide-ide kreatif yang cemerlangsekaligus sebagai pendorong tumbuhnya semangat juang dan meningkatnyapartisipasi perempuan dalam proses penyelenggaraan pemerintahan danpembangunan.Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif denganpengumpulan data melalui wawancara,catatan lapangan dan dokumen resmilainnya yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran KPPI KotaSerang msih belum maksimal karena pertama, keterbatasan anggaran, kedua,belum maksimal dalam melakukan sosialisasi untuk memotivasi perempuansampai di tataran terbawah dan ketiga,belum adanya program kerja yangterstruktur. Namun disisi lain KPPI Kota Serang turut terlibat dalam pembuatanPeraturan Daerah Kota Serang Nomor 5 tahun 2011 tentang Keterwakilan danPartisipasi Perempuan dalam Proses Pembangunan di Kota Serang. Rekomendasiyang diberikan antara lain,penguatan kapasitas anggota KPPI serta mengadakanprogram advokasi dan bantuan ahli (technical assistance) bekerjasama denganakademisi, bagi tiap-tiap perempuan anggota parlemen yang baru agar kinerjamereka dalam memperjuangkan kebijakan yang pro perempuan lebih maksimal.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Industri kecil memiliki peranan strategis dalam perdagangan nasional hal ini karena proporsi usaha skala kecil mempunyai daya serap tenaga kerja yang sangat besar. Kota Tasikmalaya memiliki banyak sumber daya yang dapat dikembangkan, baik industri bordir, makanan atau kerajinan. Industri Kecil ...