Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains
Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains

PENGARUH WAKTU PERKULIAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP PGRI PONTIANAK PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN

Jamilah, Marhadi Saputro, Yadi Ardiawan, (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh waktu perkuliahan terhadap hasil belajar mahasiswa semester II STKIP PGRI Pontianak pada mata kuliah Teori Bilangan ditinjau dari jenis kelamin. Sesuai dengan tujuan penelitian, metode yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi experimental research) dan rancangan yang digunakan dalam penelitianini adalah rancangan faktorial 2 x 2. Adapun hasil penelitian pada mata kuliah Teori Bilangan dapat disimpulkansebagai berikut. (1)Mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(2)Mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa perempuan.(3)Khusus pada mahasiswa perempuan, mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(4)Khusus pada mahasiswa laki-laki, mahasiswa kelas pagi memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa kelas sore.(5)Khusus pada mahasiswa kelas pagi, mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yang sama dengan mahasiswa perempuan.(6)Khusus pada mahasiswa kelas sore, mahasiswa laki-laki memiliki hasil belajar yangsama dengan mahasiswa perempuan.Kata Kunci: Waktu perkuliahan, jenis kelamin, teori bilangan.

Copyrights © 2014